Rektor Unila Sampaikan Kelaidoskop Tahun 2020

# Dilihat: 102 kali #
  • Bagikan

BANDARLAMPUNG, (WV) – Rektor Universitas Lampung (Unila) Unila, Prof. Karomani menyampaikan, pencapaian di Tahun 2020. Kegiatan berlangsung di ruang sidang utama, lantai 2, Rektorat Unila, Rabu (6/1/2021).

Pada kesempatan itu, Rektor mengatakan, ada beberapa evaluasi dari tahun 2020 yang akan angkatkan di 2021. Diantaranya adalah peningkatan rangking Unila pada klasterisasi Dikti dan mewujudkan Unila menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).

“Peringkat Unila pada 2020 diposisi 29, setelah sebelumnya (pada 2019) diposisi 46. Naik cukup tinggi. Mudah-mudahan di 2021 di bulan Agustus pemeringkatan Unila naik lagi,” kata Karomani, usai peluncuran Buku Kaleidoskop Unila 2020.

Menurut Karomani, pihaknya juga sudah melalukan beberapa langkah agar Unila menjadi PTNBH.

“Unila harus menjadi PTNBH,  sama seperti IPB, UI, karena visi top ten di 2025 sangat tidak mungkin kalau unila masih BLU, jadi harus PTNBH, lebih otonom. Itu cita-cita besar kita,” tutur Karomani.

Dia juga memaparkan, beberapa hal baru atau terobosan yang dilakukan selama 2020, diantaranya adalah penguatan jaringan di L2 Dikti dan Mahkamah Agung, pengelolaan badan usaha oleh profesional, dan penyelamatan aset Unila salah satunya adalah YP Unila dengan nilai aset mencapai Rp40 miliar.

Karomani menjelaskan, semua capaian Unila di tahun 2020 merupakan hasil kerja bersama jajaran rektorat, dekanat, badan, dan lembaga di Unila.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak khususnya pada tim kita para dekan,  wakil rektor. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada semuanya, ini hasil kerja semuanya,” kata Karomani.

Diketahui, unila meluncurkan buku Kaleidoskop Unila 2020 berjudul Setahun Bersinergi dan Berinovasi Demi Negeri. Ketua panitia kegiatan, Prof. Suharso mengatakan pembuatan buku kaleidoskop Unila merupakan program baru dan perdana dilaksanakan oleh Unila.

“Kaleidoskop ini adalah ekspos di awal tahun yang menjadi pijakan dan evaluasi bagi kita. Mempelajari kerja kita di tahun sebelumnya, tidak hanya yang baik, tapi juga kekurangan kita. Ini mengingatkan kita agar lebih baik lagi di tahun depan,” kata Suharso.

Kegiatan dilanjutkan dengan penayangan video Kaleidoskop Unila 2020 yang menampilkan inforrmasi dan foto-foto kegiatan Unila selama Januari-Desember 2020.

Pada kesempat itu, turut dihadiri oleh Rektor Unila, Prof Karomani, Warek I bidang akademik Prof Heryandi, Warek II bidang keuangan Prof Asep Sukohar, Warek III bidang kemahasiswaan Prof Yulianto, Warek IV Prof Suharso, serta jajaran rektorat Unila. (*)

  • Bagikan