Calon Tunggal Kapolri Mencanangkan Polantas Tak Lagi Lakukan Tilang

# Dilihat: 80 kali #
  • Bagikan
Komjen Listyo Sigit Prabowo | Istimewa

JAKARTA – Calon tunggal Kapolri, Komjen Listyo Sigit Prabowo mendapat banyak pujian saat menjalani fit and proper test di Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/01/21).

Komjen Listyo Sigit punya pandangan khusus soal Polantas. Ia mengungkapkan tak dipungkiri kerap ada aduan soal tingkah polah Polantas di jalan.

“Di bidang lalu lintas penindakan pelanggaran lalu lintas secara bertahap akan mengedepankan mekanisme penegakan hukum berbasis elektronik atau biasa disebut ETLE,” kata Komjen Sigit seperti yang dilansir dari laman Kumparan.

Ia mengatakan, untuk mengurangi interaksi (Polantas) dalam proses penilangan guna menghindari terjadinya penyimpangan saat anggota melaksanakan proses tersebut.

Kedepan, anggota Polantas turun ke lapangan tapi hanya mengatur lalu lintas yang macet. Jadi anggota Polri turun atur kemacetan. Tidak perlu melakukan tilang.

“Ini icon perubahan perilaku Polri khususnya di sektor pelayanan lini depan,” Jelas, Komjen Listyo Sigit.

Calon tunggal Kapolri rekomensi Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mendapat pujian mulai dari calon Kapolri milenial hingga rekam jejaknya selama bertugas di Polri.

Tak hanya itu, makalah yang disusun oleh Listyo Sigit Prabowo juga mendapat pujian dari fraksi Komisi III DPR RI.

Anggota Komisi III Fraksi Golkar, Supriansa menyebut makalah yang disusun ini merupakan yang terbaik sepanjang zaman ini.

“Makalah yang dibuat teman-teman, yang diprakarsai Bapak Sigit, ini makalah terbaik sepanjang zaman ini. Sempurna,” kata Supriansa dalam uji kepatutan Komjen Listyo Sigit Prabowo yang disiarkan di Youtube DPR RI.

Untuk diketahui, Makalah Komjen Sigit itu berjudul ‘Transformasi Menuju Polri yang Presisi: Prediktif-Responsibilitas-Transparansi Berkeadilan’.

Menurut Supriansa, gagasan di makalah itu bisa menggambarkan bagaimana institusi Polri kedepannya.

“Menurut kajian kami, tidak bisa kita mungkiri, hasil-hasilnya sangat sistematis dan membawa kita untuk berpikir bagaimana polisi ke depan untuk memperbaiki kepentingan yang ada di tengah masyarakat,” sambungnya.

Sementara itu, Anggota Komisi III Fraksi PKS, Dimyati Natakusumah memberi pujian terhadap sepak terjang Komjen Listyo Sigit selama menjadi polisi. (*)

  • Bagikan