Sekdakab Pringsewu Beri Arahan Tentang Pengelolaan Dana Desa

# Dilihat: 203 kali #
  • Bagikan

PRINGSEWU – Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Drs. Heri Iswahyudi, M.Ag., memberikan Pengarahan kepada Kepala Pekon se-Kecamatan Pagelaran Utara Tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun 2021, bertempat di Aula Kecamatan Pagelaran Utara, Senin (01/02/2021).

Turut penggunaan pada kegiatan tersebut yaitu Kadis PMP Kabupaten Pringsewu Eko Sumarmi, SK.M., Sekretaris Inspektorat Yanuar Haryanto, S.Sos., MM, Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Christianto Hariadinata Sani, MH, Camat Pagelaran Utara Rohadan, SE, serta Kepala dan Perangkat Pekon se-Kecamatan Pagelaran Utara berserta Para Tenaga Ahli Pendamping Pekon.

Heri Iswahyudi pada kesempatan tersebut memberikan arahan pengelolaan dana desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan laporan. Tidak hanya itu, beliau juga meminta izin kepada camat dan para Kepala Pekon Pagelaran Utara dapat memperhatikan hal-hal yang terkait dengan Holistik Integratif, Olahraga, Lingkungan dan juga Kesehatan.

Holistik Integratif menurut Heri merupakan kewajiban kita untuk mendukung dan mendorong pengembangan anak usia dini, dari segi kesehatan, gizi dan pendidikan secara menyeluruh, untuk menyelamatkan anak-anak dari kesulitan pada tahun-tahun berikutnya. Untuk terkait olahraga beliau berharap kepada jajaran Kecamatan Pagelaran Utara dan juga Dispora Kabupaten Pringsewu agar mendukung anak-anak yang mempunyai kelebihan di bidang olahraga apapun.

Berikutnya terkait kebersihan, beliau juga meminta agar pada jalan lingkungan dan rumah warga untuk menjaga kebersihan dari penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan penyakit lainnya, serta membangun Drainase agar terhindar dari kejadian banjir. Sistem keamanan lingkungan juga harus diperhatikan, lingkungan lingkungan terhindar dari kejahatan kejahatan.

Terkait pengelolaan anggaran dana desa, beliau menyatakan bahwa Ciptanya diharap kepada jajaran Kecamatan Pagelaran Utara agar dana desa dapat dikelola dengan sebaik-baiknya dan juga harus berdasarkan aturan-aturan yang, berlaku agar tidak terjadi temuan yang akan berimbas kepada seluruh jajaran Kecamatan Pagelaran Utara. Pada perencanaan dana pekon, beliau juga berharap dapat menganggarkan program kesenian dan kebudayaan yang ada di Pagelaran Utara dengan aturan yang ada.

“Diharapkan juga kepada para pendamping turut mendampingi, agar pengelolaan dana desa / pekon dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku, pengelolaan yang dapat dipertanggungjawabkan dan semua menjadi lebih baik, serta pada tahun 2021 ini harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya” , ā€¯ujarnya.

Dipenghujung krisisnya menyampaikan, agar seluruh perangkat kecamatan dan pekon selalu menghimbau kepada masyarakat dapat selalu mematuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menunjukkan tangan dan menjaga jarak serta tidak berkerumun. (*)

  • Bagikan