Pemkab Pringsewu Gelar Apel Peringatan Peduli Sampah Nasional

# Dilihat: 74 kali #
  • Bagikan

PRINGSEWU – Pemerintah Kabupaten Pringsewu laksanakan Apel Peringatan Peduli Sampah Nasional Tahun 2021 di Lapangan Pemkab setempat, Jum’at (26/02/2021).

Kegiatan apel dilaksanakan secara terbatas mengingat adanya pandemi Covid-19. Bupati Pringsewu H.Sujadi bertindak sebagai pembina apel diikuti oleh para Kepala OPD, serta peserta upacara yang terdiri dari masing-masing instansi .

Hendrid, selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pringsewu melaporkan, “Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) jatuh pada Tanggal 21 Februari setiap tahunnya. Peringatan HPSN Tahun 2021 ini mengambil tema ‘Sampah sebagai bahan baku ekonomi di masa pandemi’. Selama lima tahun terakhir HPSN telah menjadi momentum untuk membangun kesadaran publik dalam upaya-upaya pengurangan sampah. HPSN 2021 menjadi babak baru pengelolaan sampah di Indonesia dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi Indonesia dan sudah saatnya platform HPSN digeser ke upaya-upaya penanganan sampah yang dapat memberikan kontribusi nyata dalam pertumbuhan ekonomi,” terangnya.

Selama Bulan Februari 2021 diselenggarakan Bulan Peduli Sampah melalui ragam kegiatan peduli sampah tingkat Kabupaten Pringsewu diantaranya Pembentukan kelompok wanita peduli lingkungan di Pekon Fajarmulya Kecamatan Pagelaran Utara, Pembersihan tumpukan sampah di Pasar Pardasuka oleh masyrakat dan pemerintah pekon serta Mengikuti serangkaian kegiatan yang diinisiasi oleh KLHK.
Saat ini Kabupaten Pringsewu telah mengoperasikan tiga fasilitas Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R), yang berlokasi di Pringsewu Barat, Pringsewu Utara, dan Pringsewu Selatan.

Bupati Pringsewu H. Sujadi dalam amanatnya menyampaikan, “Persoalan sampah harus menjadi perhatian utama dan upaya penanganannya harus melibatkan seluruh komponen masyarakat. Pemerintah tentu tidak akan bisa kerja sendiri karena sampah berada dan bersumber dari segala tempat, terutama rumah tangga, industri, pasar-pasar, dan berbagai aktifitas lainya,” kata Bupati.

Dalam rangkaian acara tersebut juga dilaksanakan pemberian penghargaan dan keranjang sampah kepada penerima penghargaan, sebagai awal dimulainya kerja bakti di lingkungan Pemda Pringsewu yang melibatkan semua OPD dan dilaksanakan serentak di pekon-pekon se-Kabupaten Pringsewu. (*)

  • Bagikan