Gubernur Arinal Siap Perjuangkan Kesejahteraan Petani Melalui Program I-CARE dari Balitbang Pertanian

# Dilihat: 86 kali #
  • Bagikan

BANDARLAMPUNG — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi siap memperjuangkan peningkatan kesejahteraan petani melalui program Integrated Corporation of Agricultural Research, Development and Empowerment (I-CARE) dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian.

Hal itu disampaikan Gubernur Arinal saat menerima audiensi dari tim I-CARE Balitbangtan Kementerian Pertanian di Mahan Agung, Rumah Dinas Gubernur, Senin (7/6/2021) malam.

Direncanakan komoditas yang akan dikembangkan adalah kopi dan ternak kambing di Kabupaten Tanggamus.

“Terimakasih sudah menginisiasi Lampung menjadi salah satu di dalam pelaksanaan program I-CARE,” ujar Gubernur Arinal.

Hadir pada kesempatan itu, Bambang Irawan dari tim I-CARE Balitbangtan Kementerian Pertanian dan Bupati Tanggamus Dewi Handajani.

Lampung tepatnya Kabupaten Tanggamus menjadi salah satu dari sembilan Provinsi yang dipilih dalam pelaksanaan program tersebut.

Ada tiga Kecamatan di Tanggamus yang akan menjadi lokus tujuan yakni Kecamatan Ulu Belu, Air Naningan dan Pulau Panggung.

I-CARE atau Korporasi Penelitian, Pengembangan dan Pemberdayaan Pertanian Terpadu (KP4T) ini merupakan program milik Balitbangtan Kementerian Pertanian.

Program ini sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat yang diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan petani sekaligus mendiseminasikan inovasi teknologi Balitbangtan Kementerian Pertanian.

Seperti diketahui, Gubernur Arinal memang sangat konsen terhadap kemajuan pertanian di Provinsi Lampung. Dan kopi menjadi salah satu komoditas yang terus digenjot tingkat produksinya.

“Saya ingin mengembalikan kejayaan kopi Lampung,” katanya.

Arinal mengatakan tidak ada alasan program ini tidak sukses di Provinsi Lampung.

“Kita harus bangkit dan kita harus sukses,” katanya.

Demi suksesnya program tersebut, Arinal meminta instansi terkait untuk terus berkolaborasi dengan Balitbangtan Kementerian Pertanian.

Arinal juga akan menggandeng pihak akademisi yakni Fakultas Pertanian Universitas Lampung.

“Dari Pemerintah Provinsi Lampung membentuk tim, kita akan saling kolaborasi dengan Balitbangtan dan saya juga akan ikut turun. Saya siap untuk terus melakukan diskusi,” katanya.

Menurut Arinal, dengan segala potensi yang dimiliki, sangat tepat memilih Lampung sebagai salah satu wilayah sasaran program I-CARE.

“Tidak salah menempatkan di Tanggamus. Mari kita satukan langkah, yang akan kita mulai dari Tanggamus,” katanya.

Melalui kerjasama ini, Arinal berharap akan mempu memberikan kesejahteraan kepada petani.

“Petani meningkat pendapatannya, dan Pemerintah membangkitkan perekonomian melalui ekonomi kerakyatan,” pungkasnya.(*)

  • Bagikan