Riana Sari Arinal Terima Kunjungan Dirjen Pemdes Kemendagri dan Ketua Bidang III PKK Pusat

# Dilihat: 34 kali #
  • Bagikan

Bandarlampung – Ketua TP PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, menerima kunjungan Dirjen Bina Pemdes Kementerian Dalam Negeri Yusharto Huntoyungo dan Ketua Bidang Ketahanan Keluarga TP PKK Pusat Irma Zainal, di Mahan Agung, Rabu (23/06).

Turut hadir dalam kegiatan ini, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Pejabat Tinggi Pratama di Lingkungan Pemprov Lampung, Pengurus PKK Provinsi Lampung.

Ketua Bidang Ketahanan Keluarga TP PKK Pusat mengatakan, Gerakan PKK merupakan salah satu gerakan sosial kemasyarakatan yang memiliki potensi luar biasa dalam mendukung pelaksanaan pembangunan, dengan kekuatan kelembagaan yang terstruktur dari tingkat pusat sampai dengan desa/kelurahan, serta didukung oleh kader-kader loyal yang bekerja dengan penuh dedikasi. Hal inilah yang menjadikan Gerakan PKK sebagai mitra strategis pemerintah, hingga mendapat apresiasi dan fasilitasi dalam pelaksanaan program dan kegiatan.

Irma Zainal juga mengapresiasi kegiatan bakti sosial dalam rangka penanggulangan dampak pandemi Covid-19 yang sudah difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Lampung. Kegiatan tersebut merupakan suatu bentuk kebersamaan dan gotong royong dalam rangka mencegah dan meminimalisir akibat dari pandemi, karena di saat seperti inilah semangat persatuan, kesatuan dan gotong royong harus lebih tercermin dalam setiap langkah.

Sementara itu mengawali sambutannya, Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal menyampaikan rasa belasungkawa dan turut berduka cita atas meninggalnya Ibunda Ibu Tri Tito Karnavian.

Ketua TP PKK Provinsi Lampung menyampaikan, selain membuka Pelatihan MOCAF di Balai Pemerintahan Desa, Ketua Bidang Penguatan Ketahanan Keluarga TP PKK Pusat juga berkenan mengunjungi Agropark PKK Sabah Balau dalam kunjungan kerjanya kemarin.

Agropark PKK yang dikembangkan oleh TP PKK Provinsi Lampung dan didukung secara penuh oleh Gubernur Lampung ini, menjadi salah satu alternatif wisata sekaligus sarana edukasi kepada masyarakat, untuk memanfaatkan lahan pekarangan bagi ketahanan pangan keluarga.

Di hadapan Dirjen Bina Pemdes Kementerian Dalam Negeri dan Ketua Bidang Ketahanan Keluarga TP PKK Pusat, Riana Sari Arinal memperkenalkan Gerakan Siger (Saatnya Ikut berGErak untuk Rakyat yang membutuhkan) yang diinisiasi oleh dirinya.

Gerakan yang digagas di awal masa pandemi ini merupakan gerakan untuk membantu tetangga di sekitar rumah dengan bahan masakan, agar mereka dapat tetap di rumah saja. Kemudian gerakan ini semakin meluas menjadi gerakan bersama yang dilakukan Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota, Kecamatan sampai ke tingkat Desa/Kelurahan, bahkan diikuti oleh organisasi wanita lainnya.

“Melalui kunjungan kerja kali ini dan program-program dari pusat, Saya berharap agar ibu-ibu dan anak muda sampai ke tingkat desa semakin berdaya serta memperoleh ilmu untuk bersama-sama mengelola potensi yang dimiliki Kabupaten setempat guna mengangkat pertumbuhan ekonomi,” ungkap Riana Sari.

Di sela acara, dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis oleh Ketua TP PKK Provinsi Lampung didampingi oleh Dirjen Bina Pemdes Kemendagri dan Ketua Bidang Ketahanan Keluarga TP PKK Pusat berupa 2 paket Alat Permainan Edukatif bagi Posyandu, 1000 masker bagi masyarakat yang terdampak Covid-19, 100 paket sembako dan 100 paket Siger. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

  • Bagikan