Sport Center Olahraga Dayung Akan Dibangun di Way Sekampung Pringsewu

# Dilihat: 29 kali #
  • Bagikan

PRINGSEWU – Sebagai bagian dari pengembangan dunia pariwisata, pemerintah akan membangun Sport Center Olahraga Dayung serta dermaga di Bendungan Way Sekampung Kabupaten Pringsewu.

Selain itu, terkait pemanfaatan kawasan Bendungan Way Sekampung untuk pariwisata, juga tengah disiapkan pembuatan peta zonasi wisata.

Demikian diantara yang disampaikan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji Sekampung Alexander Leda pada acara Radio Talkshow Dialog Interaktif Luar Studio LPP RRI Bandar Lampung di Bendungan Way Sekampung, Pringsewu, Rabu (6/10/21).

Menurut Leda pada acara yang juga dihadiri Bupati Pringsewu Sujadi sebagai narasumber, Direktur LPP RRI Bandar Lampung Joko Purnomo, serta sejumlah Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Pringsewu, Bendungan Way Sekampung merupakan salah satu bendungan yang berada di aliran sungai Way Sekampung, disamping beberapa bendungan lainnya, seperti Batutegi, Argoguruh dan Margatiga. “Bendungan ini merupakan hasil usaha dan kerja keras semua pihak, mulai presiden, menteri, gubernur, bupati dan berbagai pihak lainnya”, katanya.

Sebagai kompensasi bagi masyarakat setempat yang telah merelakan lahannya untuk dibangun bendungan, pihaknya juga akan membangun embung di daerah hulu, serta membangun fasilitas penyedia air baku.

Sementara itu, Bupati Pringsewu Sujadi mengatakan Pringsewu memang tidak bisa memanfaatkan waduk secara langsung untuk irigasi pertanian, karena kondisi alam Pringsewu yang tinggi, sehingga pihaknya meminta pemanfaatan Bendungan Way Sekampung bagi penyediaan air baku dan pariwisata.

Selain itu, ia juga mimpikan nantinya Pemkab Pringsewu dapat membuat dan mengelola destinasi wisata edukasi bertema pemanfaatan air di Bendungan Way Sekampung. “Pengembangan kepariwisataan di Bendungan Way Sekampung ini, sejatinya bukan saja wisata olahraga air seperti dayung, tetapi juga off-road, trail dan lainnya, karena kondisi alamnya dinilai sangat mendukung”, tambahnya.

Namun demikian, untuk pemanfaatan Bendungan Way Sekampung yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional kebanggaan masyarakat Pringsewu ini, masih harus menunggu regulasi yang akan mengaturnya. “Salah satu keistimewaan Bendungan Way Sekampung ini adalah adanya green-belt (sabuk hijau, red.). Yang jelas untuk pemanfaatan bendungan ini jangan sampai merusak lingkungan dan ekosistem yang ada. Kami berharap masyarakat Kabupaten Pringsewu untuk dapat melihat jauh kedepan. Untuk itu harus di-manage sedemikian rupa, sehingga keberadaannya menjadi berkah bagi semua”, pungkasnya. (Rul)

  • Bagikan