PPPA Daarul Qur’an Resmikan Cabang Baru di Lampung

# Dilihat: 69 kali #
  • Bagikan

BANDARLAMPUNG – Laznas PPPA Daarul Qur’an meresmikan cabang baru di Lampung, tepatnya di Jalan Bungur, Kelurahan Sukarame 1, Kecamatan Sukarame, Kota Bandar Lampung, Lampung. Acara peresmian dilaksanakan pada Senin (1/11) siang.

Langkah ini merupakan upaya untuk memperluas jaringan dakwah tahfidzul Qur’an di Indonesia, maka pada kesempatan yang sama diresmikan pula Grha Tahfidz Daarul Qur’an Lampung.

Sebelumnya, Laznas PPPA Daarul Qur’an telah memiliki 11 cabang yang berada di kota-kota besar di Indonesia yakni di Bogor, Cirebon, Bandung, Semarang, Malang, Surabaya, Medan, Palembang, Makassar, Yogyakarta dan Banten.

Sepanjang 2021 ini, Laznas PPPA Daarul Qur’an telah meresmikan dua cabang baru. Pada Maret 2021 lalu, cabang Banten dibuka untuk memgoptimalkan potensi dana Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) di wilayah Banten dan sekitarnya.

Direktur Utama Laznas PPPA Daarul Qur’an, Abdul Ghofur mengatakan bahwa banyak harapan yang ingin diraih dari peresmian tersebut, salah satunya adalah memperkuat gerakan zakat di wilayah Lampung bersama stakeholder zakat, baik pemerintah maupun lembaga amil zakat lainnya.

“Potensi dana zakat di Indonesia cukup besar dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Kami berharap keberadaan Laznas PPPA Daarul Qur’an dapat memberi kontribusi besar dalam pergerakan zakat dan menghadirkan manfaat bagi umat,” ujar Ghofur.

Tak hanya itu, pihaknya juga ingin meningkatkan peran muzakki (orang yang berkewajiban membayar zakat) agar berbagai program pemberdayaan Laznas PPPA Daarul Qur’an ikut dirasakan oleh masyarakat Lampung.

Menurut Ghofur, peresmian ini juga sebagai cara lembaganya dalam mengoptimalisasi aset wakaf atau hibah dari para donatur agar pahala jariyah terus mengalir lebih cepat Allah turunkan keberkahannya setelah dioptimalkan oleh Laznas PPPA Daarul Qur’an.

Kehadiran Daarul Qur’an di Lampung bukan yang pertama kali. Sebab, sejak beberapa tahun yang lalu Daarul Qur’an telah mendirikan Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an, tepatnya di Kecamatan Tegineneng, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Selain Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an, ada juga puluhan Rumah Tahfidz yang tersebar di berbagai wilayah di Lampung. Melalui kedua unit pendidikan tersebut, Daarul Qur’an telah melahirkan ratusan santri penghafal Al-Qur’an.

Oleh karena itu, menurut Ghofur dengan hadirnya Laznas PPPA Daarul Qur’an Lampung, maka akan tercipta sinergi antara lembaga Ziswaf dengan unit pendidikan Daarul Qur’an.

Melalui sinergi ini, Ghofur berharap dapat meningkatkan pengembangan pendidikan dan syiar tahfidzul Qur’an di wilayah Lampung. “Bismillah, semoga Allah meridhoi langkah kita bersama dan ikhtiar kita mudah-mudahan berjalan dengan baik, berkah,” pungkas Ghofur.

Sementara itu, Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana yang diwakili oleh Kepala Badan Persatuan Bangsa dan Politik Bandar Lampung, Seraden, mengatakan bahwa ia mendukung berdirinya Laznas PPPA Daarul Qur’an dan Grha Tahfidz Daarul Qur’an di Bandar Lampung.

“Dengan berdirinya Grha Tahfidz Daarul Qur’an Lampung maka akan lebih mengenalkan dan membudayakan nilai Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, demi mewujudkan masyarakat madani yang memiliki nilai keislaman dan diwujudkan dalam perilaku bersamyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, hadirnya Grha Tahfidz Daarul Qur’an Lampung akan meningkatkan kesadaran masyarakat kepada nilai-nilai ajaran Islam, terutama Al-Qur’an. Sehingga kelak anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang berakhlak Qur’ani.

“Sekali lagi, saya ucapkan selamat atas diresmikannya Grha Tahfidz PPPA Daarul Qur’an Lampung!” serunya. (*)

Editor: Rudi
  • Bagikan