Pemkab Pringsewu Kuatkan Germas

# Dilihat: 143 kali #
  • Bagikan

PRINGSEWU – Sebagai upaya pengendalian dan pencegahan Covid-19, Pemerintah Kabupaten Pringsewu akan menguatkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Terkait hal tersebut, dilaksanakan pertemuan koordinasi antarperangkat daerah serta lembaga terkait yang dibuka oleh Bupati Pringsewu Sujadi di Urbanstyle by Frontone Hotel Pringsewu, Selasa (16/11/21).

Menurut Bupati Pringsewu, koordinasi ini sangat penting untuk keberhasilan penanganan pandemi Covid-19. Sehingga dibutuhkan dukungan seluruh lapisan masyarakat lintas sektoral, mulai individu, keluarga, masyarakat, akademisi, dunia usaha, ormas, media massa, serta pemerintah, baik pusat maupun daerah, untuk bersama-sama
berkontribusi dalam menciptakan Gerakan Masyarakat Hidup
Sehat. “Dengan demikian, masyarakat dapat berperilaku hidup sehat, yang berdampak pada kesehatan yang terjaga dan terciptanya lingkungan yang bersih, sehingga jika dalam kondisi
sehat, produktifitas masyarakat akan meningkat dan biaya yang dikeluarkan masyarakat untuk berobat akan
berkurang”, ujarnya.

Sujadi berharap melalui koordinasi tersebut, dapat meneguhkan kembali semangat dan sinergitas dalam melakukan upaya promotif
dan preventif lintas sektoral untuk menekan serta meminimalisir dampak yang diakibatkan oleh penyakit. “Kita patut bersyukur penyebaran Covid-19 saat ini sudah mulai melandai, dan perekonomian juga sudah mulai tumbuh dan bangkit. Namun, kita tetap harus waspada dan tidak boleh lengah”, katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Pringsewu Rahmadi mengatakan saat ini Indonesia sedang menghadapi tantangan besar masalah kesehatan Triple Burden, akibat masih adanya penyakit infeksi dan meningkatnya penyakit tidak menular serta penyakit lainnya. “Dengan koordinasi ini, diharapkan forum komunikasi Germas di Kabupaten Pringsewu dapat aktif guna menyukseskan program ini di berbagai sektor”, harapnya.

Pertemuan koordinasi penguatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ini juga dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra Purhadi, Kadis Kesehatan dr.Ulinoha beserta para kepala OPD dan instansi terkait, Ketua TP-PKK Pringsewu Nurrohmah Sujadi, diikuti 45 peserta yang berasal dari lintas sektoral. (*)

Editor: Rudi
  • Bagikan