Bupati Tanggamus Hadiri HGN dan HUT PGRI

TALANGPADANG — Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani menghadiri puncak peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2021 dan HUT ke 76 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)Dengan Tema Bergerak dengan hati pulihkan pendidikan”,Kamis (25/11). Kegiatan tersebut dipusatkan di SMKN 1 Talangpadang.

Hj Dewi Handajani menyampaikan, dengan momentum HGN tahun 2021 dan HUT ke 76 PGRI akan menjadi motivasi bagi guru khususnya yang tergabung dalam PGRI, untuk terus
semangat melaksanakan tugasnya yaitu pembelajaran melalui daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan).

Ini merupakan wujud kepedulian, bukti tekad penuh keikhlasan serta kesungguhan untuk membentuk calon penerus bangsa, aset bangsa yang akan membentuk wajah dunia nanti, yaitu anak-anak siswa didik kita semua,”kata Dewi Handajani.
Turut hadir Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, Anggota DPRD Tanggamus Fakhruddin Nugraha, Kepala Disdik Tanggamus Yadi Mulyadi, Plt Ketua PGRI Provinsi Lampung Haryanto, Ketua PGRI Kabupaten Tanggamus Haris Agus Istanto dan segenap dewan guru.

Dilanjutkan bupati, bahwa Pandemi Covid 19 menjadi tantangan luar biasa bagi dunia pendidikan. Namun disatu sisi, dengan adanya pandemi ada banyak hikmah dan pembelajaran yang bisa diterapkan saat ini salah satunya pembelajaran sistem daring, dimana untuk pertama kalinya, guru-guru melakukan pembelajaran secara daring atau online, menggunakan perangkat baru, dan menyadari bahwa sebenarnya pembelajaran bisa terjadi dimanapun. Lalu orang tua sekarang menyadari betapa sulitnya tugas seorang guru.

“Guru,siswa dan orang tua sekarang menyadari bahwa pendidikan itu bukan sesuatu yang hanya bisa dilakukan di sekolah saja, tetapi, pendidikan yang
efektif itu membutuhkan kolaborasi dari tiga hal yaitu, guru, siswa, dan orangtua. Tanpa kolaborasi itu, pendidikan yang efektif tidak mungkin terjadi,”kata bunda Dewi sapaan akrab bupati.

Dalam kesempatan tersebut, bupati menyampaikan terima kasih kepada
seluruh guru, pendidik, dan tenaga kependidikan utamanya guru honorer yang selama ini tiada kenal lelah mengisi kekosongan guru.”Tanpa dedikasi
mereka, dapat dibayangkan bagaimana proses pembelajaran berlangsung karena kekurangan guru,”ucap bunda Dewi.

Masih kata bupati,bahwa dalam memajukan dunia Pendidikan di Kabupaten Tanggamus perlu adanya dukungan dari semua pihak dan kolaborasi aktif antara organisasi guru dengan Pemkab Tanggamus.

“Besar harapan kami bahwa kolaborasi dan kerjasama dan sinergi antara organisasi guru, para guru dengan pemerintah daerah, tujuannya adalah untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Tanggamus,”pungkas Bunda Dewi.

Sementara Plt Ketua PGRI Lampung,Haryanto kepada awak media mengaku kagum dengan peringatan HGN tahun 2021 dan HUT Ke 76 PGRI yang berlangsung di SMKN 1 Talangpadang, begitu juga dengan dukungan dari bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani yang dianggapnya sangat mendukung perkembangan dunia pendidikan di Kabupaten Tanggamus.

“Rangkaian kegiatan HGN 2021 dan HUT PGRI ke 76 di Tanggamus ini luar biasa, mudah-mudahan dengan kegiatan yang banyak ini dapat berkontribusi bagi masyarakat dan dunia pendidikan di Tanggamus. Saya mewakili rekan-rekan guru juga mengucapkan terimakasih kepada bupati Tanggamus yang begitu peduli dengan pendidikan dan guru,”kata Haryanto.

Dalam kesempatan itu juga bupati Tanggamus dan Ketua DPRD Tanggamus menerima penghargaan dari pengurus PGRI Lampung. Bupati juga memberikan bantuan dana kepada pengurus PGRI Tanggamus.

Turut hadir Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, Anggota DPRD Tanggamus Fakhruddin Nugraha, Kepala Disdik Tanggamus Yadi Mulyadi, Plt Ketua PGRI Provinsi Lampung Haryanto, Ketua PGRI Kabupaten Tanggamus Haris Agus Istanto dan segenap dewan guru.
(ADV)

Penulis: ChandraEditor: Rudi