BandarlampungBeritaBerita UtamaViral

Kado Awal Tahun, Unila Raih Top Ten

179
×

Kado Awal Tahun, Unila Raih Top Ten

Sebarkan artikel ini

BANDARLAMPUNG – Universitas Lampung (Unila) berhasil masuk ke peringkat 9 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi webometrics yang dipublikasikan pada akhir Januari 2022, di website resmi www.webometrics.net. Ranking ini melompat jauh dibandingkan tahun 2021 yang berada di posisi 24.

Berdasarkan website www.webometrics.info, dipublis juga posisi impact rank Universitas Lampung 818, oppennes rank 1.523, dan excellence 3.675.

Atas pencapaian tersebut, Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof Aom Karomani memposting di akun media sosialnya. Di laman akun resmi Facebook milik Prof Aom sapaan akrab mengatakan, sangat bersyukur atas pencapaian tersebut dan juga berterimakasih kepada seluruh jajarannya.

” Alhamdulillah setelah th kemarin dalam dua pemeringkatan global 4icu dan scimago institution ranking unila memperoleh predikat top ten ( 10 besar) di awal tahun ini unila kembali menorehkan sejarah baru pertamakalinya masuk peringkat 9 dalam webometrics,” ujarnya.

Dijelaskannya, Unila kini berada di papan atas sejajar dengan PTN besar lain di tanah air. “Terimakasih atas usaha, ikhtiar kerja keras, doa dan dukungan semuanya. Wabilkhusus sy mengucapkan selamat utk teman2 di TIK di Unila dan seluruh tim kerjanya. Kalian menorehkan prestasi yg membanggakan,” Pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama, dan TIK Unila Prof. Suharso mengatakan, kenaikan peringkat webometrics ini berkat kerja sama sivitas akademika Unila, baik tim webometrics maupun para dosen Unila.

Suharso menjelaskan, berbagai langkah yang telah dilakukan tim webometrics dalam meningkatkan prestasi Unila.

“Kami buat tim untuk mengevaluasi kekurangan dan kelebihan Unila, lalu disusun langkah-langkah yang harus dilakukan. Di antaranya meminta para dosen untuk menginput karya-karya mereka di google scholar, memaksimalkan sitasi dan memonitoring karya-karya dosen Unila, serta membenahi website unit-unit di Unila,” urai Suharso, Selasa, (1/2/22).

Baca Juga :  Bupati Dendi Tekankan Netralitas dan Profesionalisme Hadapi Pilkada Serentak

Webometrics merupakan suatu perangkat sistem atau inisiatif untuk mempromosikan dan membuka akses publikasi ilmiah guna meningkatkan kehadiran akademik dan lembaga-lembaga penelitian di situs web.

Pemeringkatan webometrics menjadi tolak ukur bahwa website unila.ac.id memiliki performa cukup baik dalam tiga hal yakni impact, openness, dan excellence.

Berikut daftar perguruan tinggi yang masuk 15 besar terbaik Indonesia versi webometrics:
1. Universitas Indonesia (UI)
2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
3. Universitas Brawijaya (Unibraw)
4. Institut Pertanian Bogor (IPB)
5. Universitas Airlangga
6. Universitas Teknologi Sepuluh Nopember
7. Universitas Telkom
8. Institut Teknologi Bandung (ITB)
9. Universitas Lampung (Unila)
10.Universitas Bina Nusantara
11. Universitas Andalas (Unand)
12. Universitas Hasanuddin
13. Universitas Sebelas Maret
14. Universitas Sriwijaya
15. Universitas Padjadjaran Bandung (*)

google-site-verification=s66foeG-xwSitfUG5ZrTZ1Edakqko21rY3d69uxaUnQ