BandarlampungBeritaBerita Utama

ITERA Gelar Open House Virtual Kenalkan Kampus ke Calon Mahasiswa

51
×

ITERA Gelar Open House Virtual Kenalkan Kampus ke Calon Mahasiswa

Sebarkan artikel ini

LAMPUNG SELATAN – Institut Teknologi Sumatera (ITERA) kembali mengadakan kegiatan Open House secara virtual sebagai ajang mengenalkan kampus kepada calon mahasiswa, Kamis, 2 Februari 2022. Melalui kegiatan tersebut calon mahasiswa, orang tua, dan para guru SMA/SMK sederajat dari seluruh Indonesia dapat mengenal lebih dekat kehidupan kampus ITERA secara virtual.

Lebih dari 1.000 peserta mendaftar untuk mengikuti ITERA Open House ITERA 2022, yang dibuka langsung oleh Rektor ITERA Prof. Dr.-Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU. Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber Wakil Gubernur Lampung yang diwakili Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Lampung, Ir. Hamartoni Ahadis, M.Si., dan Ketua Tim Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) ITERA Dr. Eko Satria, M.Si.

Dalam kegiatan yang dipandu oleh mahasiswa duta ITERA, Thobias Koeswara dan Keren Natalia, Rektor ITERA menyambut hangat para peserta yang didominasi para pelajar SMA/SMK sederajat dari berbagai daerah di Indonesia. Rektor ITERA juga menyampaikan pemaparan terkait profil ITERA, mulai dari sejarah, visi misi, tujuan strategis hingga prestasi yang sudah berhasil diraih oleh para mahasiswa.

“ITERA didirikan dengan tujuan memberdayakan potensi yang ada di Sumatera, membangun SDM yang berkualitas untuk membangun Sumatera, dan Indonesia,” ujar Rektor.

Rektor juga memaparkan perkembangan ITERA yang cukup pesat, dengan 36 program studi S1 , dan satu program magister fisika. Selain itu, meski kampus baru ITERA juga mempelopori beberapa bidang pengembangan teknologi, diantaranya ITERA memiliki Laboratorium Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terbesar di Indonesia.

Sementara narasumber kedua, Ir. Hamartoni Ahadis, M.Si., dalam kesempatan tersebut menyampaikan mengenai urgensi pendidikan tinggi keteknikan untuk Kemajuan sumber daya di Provinsi Lampung. Hamartoni menilai peran ITERA cukup sentral dalam peningkatan kualitas SDM dalam bidang pembangunan dan teknologi.

Baca Juga :  Unila Siapkan Kuota 10 Ribu Maba Tahun 2022

“ITERA menjadi suatu basis pengembangan pendidikan keteknikan, sehingga mampu beradaptasi dengan cepat terhadap pengembangan saintek dan juga penguasaannya,”ujar Hamartoni.

Di akhir sesi, Ketua Tim Penerimaan Mahasiswa Baru ITERA Dr. Eko Satria, M.Si., menjelaskan mengenai jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru ITERA yang terdiri dari 3 jalur seleksi, yaitu jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, dan jalur Mandiri.

Untuk penerimaan jalur SNMPTN dan SBMPTN, ITERA menyiapkan kuota masing-masing 45% dan untuk jalur mandiri yang terdiri dari SMMPTN-Barat dan Jalur Perstasi khusus 10%. Dalam pemaparannya, Ia menambahkan bahwa pada tahun ini ITERA menyiapkan kuota sebanyak 5.551 untuk mahasiswa baru. Tahap awal pendaftaran SNMPTN akan dibuka pada 14 – 28 Februari 2022, untuk itu para calon mahasiswa diharapkan mempersiapkan diri.

“Dengan kegiatan ITERA Open House ini diharapkan peserta sebagai calon mahasiswa baru, para orang tua, dan guru lebih memahami jalur penerimaan mahasiswa baru ITERA, dan dapat termotivasi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi di ITERA,” ujar Eko.

Lebih lanjut Dr. Eko Satria, M.Si. menjelaskan mengenai 36 program studi di ITERA yang masih akan ditambah lagi dengan beberapa program studi baru. Eko menekankan, tahap penerimaan mahasiswa baru di ITERA lebih lanjut dapat diakses melalui website pmb.itera.ac.id dan medis sosial PMB ITERA. (*)