Sadar Koperasi Dalam Era Budaya Baru

BANDARLAMPUNG – KSP Kopdit Mekar Sai melihat dan mengikuti perkembangan zaman. Terkait dengan hal tersebut, A. Haryono Daud, ketua pengurus KSP Kopdit Mekar Sai menyatakan bahwa rencana strategi yang sudah disusun oleh pengurus KSP Kopdit Mekar Sai untuk masa tiga tahun, dengan target per tahun.

“Perubahan yang utama yang dibutuhkan adalah kepemimpinan yang transformatif dan inklusi, sehingga tidak ada yang lebih rendah atau lebih tinggi. Setiap perbedaan justru menjadi kontribusi yang berharga untuk perkembangan koperasi.” Ujar Haryono, Minggu (27/2/22).

Menurutnya, untuk menuju perubahan tersebut ada beberapa point yang ditandaskan. Yang pertama dan utama adalah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) demi kelanggengan KSP Kopdit Mekar Sai.

“Kedua adalah mempersiapkan organisasi menuju budaya digital. Hal itu juga yang menjadi fokus dalam RAT kita kali ini, dalam isi maupun cara. Sedangkan yang ketiga, KSP Kopdit Mekar Sai mesti mengembangkan organisasi melalui kepatuhan terhadap peraturan perundangan yang berlaku. Ini pun menuntut pemahaman dan keaktifan seluruh unsur yang ada dalam organisasi karena peraturan perundangan selalu bersifat dinamis.”

Haryono mendorong anggota KSP Kopdit Mekar Sai untuk berpartisipasi aktif mengontrol jalannya organisasi koperasi salah satunya melalui aplikasi digital. Haryono mengingatkan bahwa anggota mempunyai hak yang mesti terjamin pemenuhannya.

Dengan menggunakan aplikasi Sakti.link, anggota bisa melakukan pengecekan setiap waktu secara digital, bisa mendapatkan bermacam manfaat melalui transaksi yang dimungkinkan, dan yang tak kalah penting ikut dalam isu global ramah lingkungan dengan mengurangi penggunaan kertas. (*)