Jaksa Masuk Sekolah, Sosialisasi Pelecehan Seksual pada para Siswa SLTA

LAMPUNG TENGAH – Penyuluhan Hukum terkait pelecehan Seksual, oleh Kejaksaan Negri Lampung Tengah di lakukan di SMA Negri 1 Seputih Agung dan SMP Negri , Rabu, (2/3/2022).

Acara Penyuluhan Hukum, ini sangat baik sekali bagi para pelajar Tingkat SLTA, mereka para anak-anak baru mulai tumbuh dewasa, sehingga banyak keinginan tahuan dalam bergaul, kata Kepsek SMA Negri 1 Seputih Agung Herman Gaharu.

Dengan diberikan Materi Hukum, para Siswa akan lebih paham, mana yang melanggar Hukum dan tidak, dengan adanya Jaksa Masuk Sekolah, tentunya akan menambah ilmu bagi kita para dewan guru, dan juga para Murid .

Apa lagi anak-anak SMA, baru-barunya tumbuh remaja, rasa keinginan tahuan dalam bergaul sangat tinggi, jangan sampai mereka salah dalam bergaul di masa Remaja ini.

Kita juga meminta pada para jaksa, agar tidak hanya sekali, program Jaksa Masuk Sekolah, ini sangat bermanfaat sekali bagi kita dan Para Siswa.

Kasi Intelijen Kejaksaan Negri Lampung tengah,Topo Dasawulan, mengungkapkan bahwa Jaksa Masuk Sekolah (JMS), program resmi dari Kejaksaan, untuk memberikan Penyuluhan Hukum pada Murid di Sekolah. Dalam sosialisasi ini, kita mengambil hukum Seksual, apa saja yang bisa melanggar dan juga pemahaman agar mereka mengerti dengan Hukum.

“Dengan adanya program Jaksa Masuk Sekolah yang resmi dari kejaksaan untuk memberikan pemahaman kepada murid-murid agar mereka mengerti dan tahu tentang hukum,” kata Topo.

Selain itu Topo Dasawulan juga memberikan arahan kepada para Murid Sekolah, khusus untuk SLTA, mereka tentunya dalam bergaul, kadang melebihi batas batas, terkait Seksual.

“Kita berikan penjelasan larangan dalam bertindak, yang itu bisa masuk ranah Hukum, ini tugas kita, supaya itu tidak terjadi pada mereka, salah satu contoh, memegang tubuh Wanita yang terlarang, biasanya itu seperti bercanda, namun ini menjadi ranah hukum bila sampai Korban tidak terima, hal hal seperti ini perlu kita berikan arahan agar mereka mengerti kalau itu tidak Boleh, kata kata yang berbau, porno, sifatnya pelecehan Seksual,itu juga tidak boleh,itu kadang tidak disadari oleh mereka,” Ujarnya.

Salah satu siswi SMA Negri 1 Seputih Agung, Trinovita kita sangat senang, dengan adanya penyuluhan hukum dari Kejaksaan, kita bisa tahu, apa aja yang bisa masuk ranah Hukum, kita juga tadi bertanya pada Jaksa, apa saja yang Melanggar hukum terkait pelecehan Seksual, dan bagaimana cara melaporkanya.

“Kami sangat senang sekali dengan adanya penyuluhan hukum dari kejaksaan, jadi kita bisa tahu apa saja yang masuk ranahnya hukum, saya sangat berterima kasih sekali, semoga kejaksaan lampung tengah tambah sukses,” Ungkapnya.(*)