20 Tahun Menanti, 48 Dosen FK Terima Nomor Induk

BANDARLAMPUNG – Setelah 20 tahun menanti, akhirnya 48 Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Lampung (Unila) memperoleh nomor induk dosen khusus (NIDK).

Rektor Unila Prof. Dr. Karomani menyerahkan SK Dosen ber-NIDK kepada tujuh dosen jabatan lektor dan 41 dosen berjabatan asisten ahli di ruang sidang utama lantai dua Rektorat, Selasa (22/3/2022).

Dengan memiliki NIDK, kini peluang mereka untuk meniti jabatan akademik hingga guru besar terbuka lebar.

“Setelah ini silakan bapak-ibu kumpulkan jurnal, pengabdian, pengajaran, untuk kemudian mengusulkan seperti layaknya dosen lain dari asisten ahli, lektor, lektor kepala, hingga jenjang guru besar. Saya kira ini patut disambut dengan baik,” ujar Rektor.

Prof Karomani menjelaskan, pada awal tahun ini Unila sedang mengusulkan 40 guru besar dan belum pernah terjadi dalam sejarah Unila. Posisi guru besar Unila saat ini hampir 80 dan jika ditambahkan 40 maka guru besar Unila akan menjadi 120.

Dengan ini Unila layak memasuki PTN-BH dan memiliki rumah sakit pendidikan. “Saya berharap dari FK akan muncul guru besar-guru besar baru,” kata Karomani.

Pada kegiatan itu Karomani juga berjanji akan mempermudah proses para dosen untuk mendapatkan gelar guru besar melalui aturan birokrasi yang baru. SK jabatan akademik yang akan diberikan kepada 48 dokter yang ada di lingkungan RS Abdul Moeloek. (*)