Peringati HUT ke-32, IKA UT Lampung Gelar Bhakti Sosial

BANDARLAMPUNG – Memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-32 Ikatan Alumni Universitas Terbuka (IKA UT), pengurus IKA UT Wilayah Lampung menggelar Bhakti Sosial di wilayah Telukbetung Timur, Bandar Lampung, Sabtu (26/3/2022).

Ketua IKA UT Wilayah Lampung, Syamsul Huda, S.IP., M.M. mengatakan, HUT ke-32 IKA UT ini digelar serentak oleh 22 pengurus wilayah se-Indonesia dan luar negeri secara daring melalui aplikasi Zoom.

Perayaan HUT IKA UT dibuka oleh Ketua Umum IKA UT Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, dihadiri oleh Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, Sekjen IKA UT Leles Sudarmanto, dan pengurus wilayah IKA UT seluruh Indonesia dan luar negeri.

Syamsul Huda mengatakan, khusus IKA UT Wilayah Lampung memperingati HUT ke-32 dengan melakukan kegiatan bhakti sosial, berupa pembagian 30 paket sembako kepada warga di Kampung Asem, Kelurahan Keteguhan RT 06, Telukbetung Timur, Bandar Lampung.

Dilanjutkan dengan penyerahan bantuan peralatan sekolah kepada 50 siswa SDN 1 Keteguhan, dan penyaluran beasiswa bagi 10 mahasiswa UT yang kurang mampu.

Usai rangkaian kegiatan bhakti sosial, para pengurus mengikuti pertemuan nasional HUT IKA UT secara daring dari ruang kelas SDN 1 Keteguhan.

Puncak peringatan HUT IKA UT ditandai dengan pemotongan tumpeng serentak secara nasional.

“Semoga dengan peringatan ini alumni UT semakin berjaya dan maju khususnya IKA UT Wilayah Lampung,” ujar Syamsul Huda sambil memotong tumpeng.

Kegiatan bhakti sosial dan potong tumpeng ini diikuti oleh Sekretaris IKA UT Lampung Agus Somad, bersama enam pengurus lainnya, termasuk pengurus Pokja Kedaton.

Syamsul Huda mengatakan, kegiatan bhakti sosial yang digelar IKA UT Lampung ini selain memperingati HUT ke-32 IKA UT, sekaligus mempromosikan UT kepada masyarakat. Ini merupakan salah satu tugas alumni dalam meningkatkan status almamater UT yang saat ini sudah berstatus BLU dan akan menjadi PTNBH.

“UT akan menjadi PTNBH, sudah disetujui Pak Mendikbud ristek, tinggal membuat PP PTBNBH nya,” tutur Syamsul Huda

Target UT tahun ini memiliki 400 ribu mahasiswa, dengan posisi Lampung merupakan nomor urut ketiga secara nasional mahasiswa UT terbanyak.

“Itulah makanya salah satu partisipasi alumni UT dalam mempromosikan UT, karena pesan Pak Rektor dua tahun ke depan ditargetkan mahasiswa UT mencapai 1 juta orang se-Indonesia,” urainya.

Hal ini untuk meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) lulusan perguruan tinggi di Indonesia sehingga di Indonesia tidak ada lagi generasi bangsa yang tidak mengecap pendidikan tinggi termasuk di daerah terdepan, terpencil dan tertinggal (3T). Selain itu, UT juga merupakan pelopor pendidikan jarak jauh secara digital. (*)

Editor: Rudi