Unila-Polda Lampung Gelar Vaksinasi Booster

BANDARLAMPUNG – Universitas Lampung (Unila) bekerja sama dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) khususnya Kepolisian Daerah (Polda) Lampung, menggelar vaksinasi dosis dua dan booster gratis di Poliklinik Unila, Rabu, 30 Maret 2022.

Polda Lampung menyediakan 1.000 dosis vaksinasi merek AstraZeneca bagi masyarakat yang mengikuti vaksinasi di Poliklinik Unila baik yang mendaftar secara online maupun on site.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unila Prof. Dr. dr. Asep Sukohar, S.Ked., M.Kes., mengatakan, kegiatan vaksinasi Covid-19 bekerja sama dengan Polri yang diwakili Polda Lampung dan Polresta Bandarlampung. Vaksinasi ini digelar serentak di seluruh Indonesia.

“Ini luar biasa. Informasinya baru tadi malam, kami lakukan persiapan semaksimal mungkin. Alhamdulillah ini sudah banyak yang hadir,” ujar Prof. Asep Sukohar.

Menurutnya, terdapat 150 peserta yang terdaftar di Unila sementara Polda Lampung juga turut menyebarkan informasi dan membuka pendaftaran dengan jumlah peserta sekitar 250 orang.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol. Zahwani Pandra Arsyad menyampaikan ucapan terima kasih dari Polda Lampung Irjen Hendro Sugiatno kepada Rektor Unila Prof. Karomani yang hari ini diwakili Prof. Asep.

Menurut dia, vaksinasi booster dilaksanakan serentak di 460 titik di seluruh Indonesia. Khusus untuk Lampung dipusatkan di Poliklinik Unila. Program vaksinasi serentak ini dipantau secara online Kabareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H.

“Ini pesertanya tidak hanya terbatas mahasiswa, tapi seluruh masyarakat yang belum mendapatkan vaksin dosis dua maupun booster, dan ini kita membuka pendaftaran baik online maupun offline,” ujar Pandra.

Selain pelaksanaan vaksinasi serentak hari ini, lanjutnya, Kapolda Lampung membuka Gerai Vaksin Presisi di seluruh Polres kabupaten/kota di Provinsi Lampung. Pandra mengatakan, Gerai Vaksin Presisi ini melayani vaksinasi Covid-19 setiap hari, termasuk di Rumah Sakit Bhayangkara, juga disediakan vaksinasi untuk umum.

“Silakan datang dan selalu membaca informasi yang ada di Humas Polda Lampung. Masyarakat bisa melihat titik-titik lokasi gerai vaksin yang disiapkan untuk melayani masyarakat,” tuturnya.

Dia menambahkan, pelaksanaan vaksinasi serentak dan Gerai Vaksin Presisi dilakukan untuk memenuhi target vaksinasi Covid-19 di Provinsi Lampung. Untuk vaksin dosis satu di Provinsi Lampung sudah di atas 90%, vaksin dosis dua di atas 60%, dan yang masih rendah pada booster.

“Jadi ini lah yang kita kejar, apalagi akan memasuki bulan suci Ramadan. Ada kebijakan dari pemerintah pusat bahwa mudik diperbolehkan asal sudah mencapai target vaksin yang ditetapkan pemerintah baik untuk dosis satu, dua, dan booster karena ini menjadi persyaratan,” ujarnya.

Sementara, Kepala Poliklinik Unila Dr. dr. Evi Kurniawaty, M.Sc., mengatakan, pada kegiatan vaksinasi booster ini terdapat tujuh tenaga medis Poliklinik Unila yang dilibatkan, yaitu dua vaksinator, tiga petugas screening, dan dua petugas pengukur tensi.

“Karena ini kita berkolaborasi dengan Polda Lampung, jadi tim kita yang dilibatkan dua vaksinator, tiga screening, dan dua tensi, selebihnya dari tim medis Polda,” kata Evi.

Menurutnya, Poliklinik Unila sendiri memiliki fasilitas dan layanan kesehatan yang lengkap sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama, di antaranya melayani pemeriksaan PCR, uji lab kolesterol HDL dan LDL, perawatan gigi, dan lainnya.

“Alhamdulillah, Poliklinik Unila ini adalah FKTP one stop center. Saat ini juga sudah banyak masyarakat umum sekitar yang berobat baik menggunakan umum maupun BPJS,” ujarnya. (*)

Editor: Rudi