BandarlampungBeritaBerita UtamaPendidikan

Tenaga Kependidikan Perwakilan Fakultas Unila Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik

36
×

Tenaga Kependidikan Perwakilan Fakultas Unila Antusias Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Sebarkan artikel ini

BANDARLAMPUNG- Tenaga kependidikan perwakilan fakultas dan unit kerja di lingkungan Universitas Lampung (Unila) antusias ikuti Pelatihan Jurnalistik Tahun 2022 yang digelar Subbagian Humas pada Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat (BPHM), Kamis, 9 Juni 2022.

Pada kegiatan yang berlangsung di ruang sidang lantai empat Rektorat ini, panitia menghadirkan narasumber yang merupakan praktisi media massa yaitu News Manager Tribun Lampung Yoso Muliawan, S.Sos.

Kepala BPHM Budi Sutomo, M.Si., saat membuka acara menyampaikan, Unila membutuhkan peran serta fakultas dan unit kerja untuk menyajikan informasi berkualitas ke publik. Terlebih, Unila saat ini akan bertransformasi dari PTN-BLU ke PTN-BH.

Subbagian Humas juga sudah banyak menjalin kerja sama dengan berbagai media cetak dan elektronik lokal dan regional sehingga para sivitas akademika Unila memiliki cukup ruang untuk mempublikasikan kegiatan tridarma di kampus setempat.

Pelatihan jurnalistik juga rutin diselenggarakan subbagian humas sebagai upaya penyegaran. Budi menilai, semua orang dapat menulis namun belum tentu dapat menjabarkan informasi secara akurat, cepat, dan sesuai kaidah jurnalistik.

“Untuk itu kita latih bapak ibu untuk menulis dengan baik sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi secara utuh, tidak salah persepsi,” ujarnya.

Dalam menulis, nilai berita menjadi kriteria untuk menilai apakah suatu peristiwa layak diberitakan. Semua peristiwa atau kejadian yang terjadi tidak bisa langsung dikatakan sebuah berita jika belum memenuhi nilai berita.

Yoso Muliawan memaparkan, setidaknya ada tujuh nilai berita yang menjadi acuan sebuah informasi layak dipublis yakni actual (terbaru), magnitude (pengaruh), proximity (kedekatan), prominence (ketokohan), human interest (sisi kemanusiaan), unique (unik), dan conflict (pertikaian).

“Ada banyak hal yang bisa kita angkat dari sebuah peristiwa. Mulai dari prominence, actual, human interest, hingga magnitude,” kata Yoso.

Baca Juga :  Haidir Bagir Luncurkan Buku Karya Terbaru "Manifesto Islam Cinta"

Membuat naskah informasi yang mengandung nilai berita merupakan salah satu trik mudah menulis artikel.(*)