BandarlampungBeritaBerita Utama

SMSI Lampung Gelar Pelatihan Jurnalistik yang ke-3

47
×

SMSI Lampung Gelar Pelatihan Jurnalistik yang ke-3

Sebarkan artikel ini

WARTAVIRAL.ID, BANDARLAMPUNG – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Lampung kembali menggelar kelas pelatihan jurnalistik yang ke-3, diikuti delapan reporter dari berbagai media, Jum’at (7/10/22) sore.

Ketua Bidang Pendidikan Abdullah Al Mas’ud yang juga menjadi mentor dalam pelatihan tersebut menyebut bahwa untuk menjadi wartawan setiap berita harus memberikan informasi selengkap-lengkapnya kepada para pembaca. Salah satu caranya dengan memenuhi unsur 5W 1H detailnya What, Who, When, Why, Where, dan How.

Pewarta yang telah melanglang buana di berbagai media massa ini memberikan materi dasar penulisan berita, mulai dari rumusan 5W+1H dan bagaimana penerapan struktur piramida terbalik dalam sebuah berita.

“5w+1h itu harus diterapkan dalam penulisan berita, karena menulis berita itu merupakan sebuah proses rekonstruksi sebuah fakta, kemudian ditulis, diedit kemudian disajikan ke publik. Seorang wartawan tidak bisa asal menulis, harus didasari fakta-fakta, data pendukung dan lain sebagainya. Perlu pula melatih pemilihan diksi yang pas, kurangi pengulangan kata, agar pembaca mudah memahaminya,” kata Dule sapaan akrabnya.

Pemilik media online Transsumatera.Id menjelaskan, dalam penulisan judul berita baiknya sesuai dengan subyek predikat obyek (SPOK) agar mudah di pahami.

Sementara itu, salah satu peserta Nia, dari saibumi.com merasa terbantu dengan pelatihan jurnalistik yang digelar oleh SMSI Lampung.

“Saya masih baru di sini, jadi sharing dan pengetahuan dan materi tentang jurnalistik dari Bang Dule begitu berharga bagi saya sebagai bekal untuk terjun ke lapangan,” jelasnya singkat. (Rd)

Baca Juga :  XL Luncurkan Paket Xtra Combo Flex