BandarlampungBeritaBerita UtamaPendidikan

Unila Mewisuda 897 Orang Lulusan

177
×

Unila Mewisuda 897 Orang Lulusan

Sebarkan artikel ini

WARTAVIRAL.ID, BANDARLAMPUNG — Universitas Lampung (Unila) mewisuda 897 orang lulusan, terdiri atas 3 orang lulusan program doktor, 89 orang lulusan program magister, 2 orang lulusan program profesi, 764 orang lulusan program sarjana dan 39 orang lulusan program diploma Periode III Tahun Akademik 2022/2023, Sabtu (21/1/23).

Rektor Unila Prof. Lusmeilia Afriani dalam sambutannya menyebut dengan demikian sampai hari ini Unila telah menyumbangkan lulusan kepada bangsa dan Negara Republik Indonesia sebanyak 125.069 orang.

” saya atas nama keluarga besar Unila mengucapkan selamat kepada para wisudawan Program Doktor, Magister, Profesi, Sarjana, dan Diploma atas keberhasilannya menyelesaikan studi di Unila. Kepada orang tua, donatur, penyedia beasiswa, dan keluarga wisudawan, saya turut bersyukur,, ” ujar Prof. Lusi sapaan akrabnya.

Ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kami sampaikan kepada seluruh tenaga pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan atas kerja keras dan kerja sama bapak/ibu sekalian dalam melaksanakan tugas mendidik mahasiswa, sehingga mereka berhasil menyelesaikan studi dan diwisuda pada pagi yang berbahagia ini, juga kepada Stakeholder yang telah membantu dan mempercepat pelayanan pendidikan Universitas Lampung.

Dijelaskannya, penyelenggaraan Wisuda pada hari ini merupakan sebuah upacara yang menandai perubahan status saudara. Sebelum ini saudara adalah mahasiswa, dan mulai hari ini saudara menjadi Doktor, Magister, Profesional, Sarjana dan Ahli Madya.

” Seiring dengan perubahan status ini, berubah pula tanggung jawab saudara. Ketika menjadi mahasiswa, saudara memikul tanggung jawab akademik. Mulai hari ini, tanggung jawab sosial melekat di pundak saudara. Saudara memiliki tanggung jawab sosial yang lebih besar,” paparnya.

Kalau ipteks yang saudara kuasai tidak saudara manifestasikan kedalam tindakan sosial, maka nilai dari ipteks tersebut menjadi luntur. Ipteks adalah kekuatan intelektual manusia, kekuatan luhur yang diraih oleh manusia. Kekuatan ini akan menjadi bernilai tinggi, bila digunakan untuk kepentingan kemanusiaan dan kemaslahatan umat manusia.

Baca Juga :  Mahasiswi FKIP Unila Raih Juara 1 Lomba Microteaching Tingkat Nasional

Selain itu, Universitas Lampung terus mengupayakan penerapan secara konsisten program MBKM dengan mendorong para mahasiswa dan dosen untuk meningkatkan kompetensinya sesuai kebutuhan dan minat setiap mahasiswa. Keberhasilan mahasiswa dan lulusan inilah yang kita harapkan menjadi tujuan akhir dari 8 IKU PTN, bentuk transformasi perguruan tinggi kearah yang lebih baik.

Dalam rangka pelaksanaan kebijakan MBKM, Universitas Lampung terus menginisiasi dan membangun kerja sama dengan berbagai pihak diantaranya pemerintah provinsi, Kabupaten/Kota, dunia usaha, organisasi profesi. Kerja sama tersebut sebagai wujud tanggung jawab keilmuan dan professional Tri Dharma Perguruan Tinggi serta kontribusinya dalam pembangunan daerah, nasional dan internasional.

Upaya-upaya peningkatan kualitas pengembangan universitas dan lulusan menunjukkan hasil yang baik, sehingga masyarakat percaya untuk menjalani pendidikan di Universitas Lampung. Hal ini terbukti banyaknya peminat yang ingin kuliah di Universitas Lampung, dengan jumlah mahasiswa baru tahun ini sebanyak 10.098 mahasiswa.

” Semoga upaya tersebut akan terus meningkatkan kualitas lulusan Universitas Lampung. Para wisudawan adalah keluarga besar Universitas Lampung yang sebentar lagi akan berubah status menjadi alumni. Oleh karena itu, kami meminta untuk mengisi data tracer study, sehingga kami dapat merasakan kebahagiaan Saudara-Saudara dengan tetap mengikuti rekam jejak karir dan penerapan keilmuan dibidang profesi Saudara-Saudara,” pungkasnya. (*)