BeritaBerita UtamaEkonomiNasional

XL Axiata – Komunitas Jurnalis Gelar Donor Darah di Medan

170
×

XL Axiata – Komunitas Jurnalis Gelar Donor Darah di Medan

Sebarkan artikel ini

WARTAVIRAL.ID, BANDARLAMPUNG – Dalam rangka menyambut Hari Kanker Sedunia, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melaksanakan donor darah sebagai kegiatan rutin. Dalam kegiatan yang berlangsung di Grha XL Medan Kamis (26/1), XL Axiata berkolaborasi dengan komunitas jurnalis di Medan yang juga ikut sebagai pendonor. Hasil dari aksi sosial ini selanjutkan akan disalurkan kepada Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM) untuk didistribusikan ke anak-anak penderita kanker yang memerlukan.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan, “Kegiatan donor darah ini telah menjadi rutinitas bagi karyawan XL Axiata di Medan dan juga masyarakat umum, selain manfaat yang sudah dirasakan sangat baik, donor darah juga sudah menjadi gaya hidup. Donor darah telah kami laksanakan secara rutin setiap tiga bulan sejak 2012 di Medan. Kegiatan ini biasanya kami selenggarakan bersama dengan Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM) dan komunitas jurnalis di Medan, meski sederhana namun mampu membantu anak-anak penderita kanker yang membutuhkannya darah sewaktu-waktu. Semoga bermanfaat bagi orang yang menerimanya.”

Desy menambahkan donor darah yang dilaksanakan hari ini, total dari 65 orang yang mendaftar, terkumpul sebanyak 60 kantong darah yang bisa dikumpulkan dari para pendonor. Darah yang terkumpul akan disumbangkan langsung ke Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM) untuk selanjutnya didistrusikan ke anak-anak penderita kanker.

Kegiatan ini berkolaboarasi dengan Majelis Taklim XL Axiata (MTXL), Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumut, Forum Wartawan Kesehatan (Forwakes) Sumut, Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM), serta RSUP H. Adam Malik Medan.

”Kegiatan ini sudah rutin dilakukan oleh YOAM dan XL Axiata. Donor darah membantu sekali masyarakat yang membutuhkan, dan untuk yang paling banyak darah terkumpul itu adalah golongan darah B dan O, yang langka itu AB. Tapi setiap kegiatan selalu menemukan pendonor yang bergolongan darah AB. Ini salah satu bentuk program kita, untuk sama-sama membantu masyarakat bagi yang membutuhkan darah, semoga ini terus bisa menjadi program berkelanjutan. Jadwal donor darah berikutnya akan dilaksanakan tanggal 26 April 2023,” Ketua Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM), Atika Rahmi memaparkan.

Baca Juga :  IndiHome Menggelar Racing Stars Push Bike Competition 2023

Begitu banyak manfaat donor darah yang dirasakan oleh para pendonor. Di antara beberapa manfaat donor darah untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan resiko kanker, membantu menurunkan berat badan, deteksi penyakit serius dan membantu agar lebih sehat secara psikologis. (*)