BandarlampungBeritaBerita UtamaEkonomiHukum dan KriminalKriminalViral

Waspada Modus Baru Penipuan Mengatasnamakan Sumbangan Tempat Ibadah

538
×

Waspada Modus Baru Penipuan Mengatasnamakan Sumbangan Tempat Ibadah

Sebarkan artikel ini

WARTAVIRAL.ID, BANDAR LAMPUNG – Hati hati dan Patut lebih di waspadai baru-baru ini ada modus penipuan aru mengatasnamakan sumbangan untuk tempat ibadah dan hal ini pun terjadi pada Kamis 26/01/2022 di Musholla Al Muttaqin yang ada Blok X jl.baru II  Bukit kemiling permai,kemiling, Bandar Lampung.

Korban yang juga selaku ketua mushola menyampaikan Kronologi kejadian pada hari kamis sekitar pukul 13 00 wib mendapatkan pesan Whatsapp dari seseorang yang ingin menyumbangkan dana untuk keperluan musholla tersebut.

Lebih lanjut korban mengungkapkan dirinya menanggapi dengan senang dan masih berprasangka baik dengan adanya hamba Allah yang ingin menyumbangkan dana untuk musholla tsb.

Pelaku dengan rinci meminta photo keadaan musholla serta kepengurusan saat ini berikut no rekening yg harus atas nama Mushola yg akan menerima bantuan.

Korban pun sempat berkomunikasi dengan RT dan juga sekaligus salah satu jajaran kepengurusan musholla setempat lalu bahwa akan ada hamba allah yang ingin menyumbangkan dana untuk keperluar musholla dan meminta untu mengirimkan data-data yg di minta pelaku

Sekitar pukul 17: 43 Wib  pelaku mengirimkan bukti transfer kepada korban selaku ketua pengurus Mushola dengan status transaksi berhasil ke rek kelembagaan tersebut dengan nominal uang Rp.14.500.000 tambah biaya admin 2500 pelaku sepertinya sudah sangat paham bahwa rekening kelembagaan itu jarang yang menggunakan layanan notifikasi transaksi keluar masuknya dana.

Tak berselang lama pelaku  menghubungi korban mengatakan bahwa sumbangan tersebut  diperuntukkan untuk dua kelembagaan dengan rincian Rp.10jt untuk musholla Al Mutaqqin dan sisanya Rp.4.500.000 untuk yayasan yg ditunjuk,pelaku meminta korban utk berkomunikasi dan berkoordinasi dgn pihak yayasan perihal dana yg harus di berikan ke pihak yayasan dengan memberikan nomor kontak pihak yayasan.

Baca Juga :  Kasrem 043/Gatam Sambut Kedatangan Peserta PPRA LXII Di Makorem 043/Gatam

Tanpa adanya kecurigaan korban menghubungi nomor tersebut, setelah di hubungi pihak yayasan memohon dengan kata-kata yg menyakinkan untuk dana sumbangan tsb ditranfer secepatnya dengan alasan bahwa anak pantinya sedang ada yang di rawat di rumah sakit dalam kondisi gawat.

Setelah berkomunikasi korban pun menyetujui mengirimkan sejumlah dana yg menjadi hak yayasan tersebut dengan meminta no rekening yg akan di tranfer.

Pelaku a/n yayasan pun memberikan nomor rekening atas nama pribadi dan sempat korban menanyakan mengapa nomer rekening yg diberikan atas nama pribadi bukan atas nama yayasan.

Pelaku pun dengan lincah dan meyakinkan mengatakan bahwa nomer rek tersebut memang rek yang biasa di gunakan untuk menerima sumbangan dari berbagai pihak.

Korban yang mendengar hal tsb melalui telfon wa pun meminta pelaku yg mengaku pihak yayasan utk menghubungi pihak pemberi dana,

Berapa menit kemudian pelaku komplotan yg memberikan dana menghubungi korban dengan meyakinkan bahwa nomor rekening tersebut memang di gunakan untuk kepentingan yayasan.

Tak lama kemudian pihak yayasan kembali menanyakan perihal uang sumbangan tersebut dengan mengirimkan photo yang membuat korban merasa iba, Melihat photo yang dikirim oleh yayasan korban pun langsung menghubungi rekannya untuk untuk mentrasfer sejumlah uang tersebut melalui rekening pribadi rekannya dengan pemikiran bahwa tidak mungkin mengurus rekening kelembagaan di jam kerja yg sudah tutup.

Setelah dana di tranfer oleh rekannya korban pun mencoba mengkonfirmasi ke pihak yayasan dan pihak pemberi dana tp setelahnya nomer2 tersebut sdh tidak dapat di hubungi kembali

Di tulis lengkap oleh korban untuk supaya penipuan dengan modus sumbangan tempat ibadah ini tidak terjadi lagi.

Nomor tlp pelaku

Baca Juga :  Pemkab Pringsewu Gelar Pringsewu Expo 2023

+62 812-5248-7191 

+62 821-3986-5119

rek pelaku

No. Rek :
BANK BRI : 486101044264535
A.n : SANI BT LEMAN

google-site-verification=s66foeG-xwSitfUG5ZrTZ1Edakqko21rY3d69uxaUnQ