BeritaBerita UtamaTanggamusViral

Viral! Oknum Kepala Pekon Di Wonosobo Gunakan Pipa Rokok Pakai Gading Gajah Ternyata Hoax

240
×

Viral! Oknum Kepala Pekon Di Wonosobo Gunakan Pipa Rokok Pakai Gading Gajah Ternyata Hoax

Sebarkan artikel ini

WARTAVIRAL.ID, TANGGAMUS — Viral unggahan foto yang adanya salah satu Kepala Pekon di Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Tanggamus, diduga menggunakan pipa gading gajah ditempat umum ternyata hanya pipa biasa.

Hal tersebut di katakan Kepala Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kecamatan Wonosobo, Zainadi ia membenarkan jika foto unggahan oleh salah satu media online di Provinsi Lampung itu merupakan salah satu Kepala Pekon di Kecamatan Wonosobo.

Namun, ia mengaku telah berkoordinasi dengan kepala pekon tersebut dan diketahui bahwa pipa tersebut bukan dari gading gajah.

“Saya sudah komunikasi kepada Kepala Pekon, pipa itu bukan dari gading,” terangnya Minggu (12/2).

Apddesi juga menghimbau jika ada pejabat pemerintahan, termasuk di tingkat pekon merokok menggunakan pipa gading lantaran belum memahami aturan dan hukum terkait penggunaan pipa gading.

“Di Kabupaten Tanggamus ini mungkin ada juga pejabat atau kepala pekon yang pakai pipa gading, mungkin itu karena ketidak pahaman kakon tentang aturan dan hukum dalam penggunaan pipa tersebut,” jelasnya

Sementara itu, Camat Wonosobo Edy Fachrurrozi melalui Sekretarisnya Agus Salim mengaku telah mengkonfirmasi, informasi tersebut ke kepala pekon terkait.

“sudah kita tanyakan apakah benar itu pipa rokok gading gajah atau bukan, tapi katanya itu bukan gading gajah, cuma pipa rokok dari kayu,” terangnya.

Kepala Pekon berinisial WI. tampak dalam unggahan Poto tersebut ketika dikonfirmasi membenarkan jika pipa rokok yang digunakan bukan dari gading gajah.

“Cuma pipa biasa tandasnya,” jelasnya.

Diketahui, gajah merupakan salah satu hewan yang dilindungi sesuai dengan Peraturan No. 106 Tahun 2018 tentang Daftar Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar yang Dilindungi. ( Chandra )

Baca Juga :  Dukungan Masyarakat Kian Kuat, Ribuan Warga Lampung Jadi Pusat Gerakan Rakyat Desa (Gardu) Ganjar