Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BeritaBerita UtamaPendidikan

Tiga Mahasiswa Unila Ukir Prestasi sebagai Duta Literasi Indonesia Provinsi Lampung 2023

23
×

Tiga Mahasiswa Unila Ukir Prestasi sebagai Duta Literasi Indonesia Provinsi Lampung 2023

Sebarkan artikel ini

Bandar Lampung – Tiga mahasiswa Universitas Lampung (Unila) yaitu Asnan Amirul M (Ilmu Pemerintahan’21), Ratu Ananda Salsabila (Sosiologi’22), dan Gunawan (Perpustakaan’23), mencatatkan prestasi gemilang di bidang literasi. Mereka berhasil meraih gelar Duta Literasi Indonesia Provinsi Lampung 2023.

Prestasi yang diraih ketiganya merupakan bagian dari Program Duta Literasi Indonesia Provinsi Lampung 2023 yang diinisiasi Duta Literasi Indonesia (@dutaliterasi_indonesia) dengan dukungan dari Sekolah Kita Menulis. Program ini bertujuan untuk mempromosikan pentingnya literasi di Indonesia dengan memberdayakan peran para pemuda terpilih dari berbagai provinsi.

Program Duta Literasi Indonesia berupaya untuk meningkatkan minat baca di tengah masyarakat. Berdasarkan data dari UNESCO, tingkat literasi di Indonesia saat ini masih rendah, yaitu hanya sekitar 0,001% yang berarti hanya satu dari seribu orang di Indonesia memiliki minat membaca. Kondisi tersebut memotivasi Asnan dan rekan-rekannya untuk terlibat aktif dalam gerakan literasi.

Asnan menekankan tingkat literasi merupakan faktor penentu kualitas suatu bangsa dan berpengaruh terhadap wawasan, mental, dan perilaku seseorang. Oleh karena itu, ia bersamakedua temannya mengikuti berbagai tahap seleksi untuk menjadi Duta Literasi Provinsi Lampung 2023, termasuk tahap seleksi berkas, video profile, leader group discussion.

Asnan juga mengamati fenomena negatif terkait minat baca anak-anak di Indonesia dipengaruhi penggunaan gadget yang berlebihan. Ia menyadari, kurangnya minat baca berpotensi menciptakan sikap malas baca buku di kalangan muda.

“Saya melihat banyak remaja di Lampung terjebak dalam pergaulan bebas, seperti seks before marriage, Nafza, dan pernikahan dini. Hal ini tentu disebabkan kurangnya edukasi, baik dalam membaca maupun menerima informasi. Ini menjadi tugas bersama untuk menyelamatkan diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita,” ujarnya.

Baca Juga :  Dandim 0429/Lamtim Bersama Forkopimda Sambut Kunker Danrem 043/Gatam

BACA JUGA: Mahasiswi FKIP Dinobatkan sebagai Putri Hijabfluencer Lampung 2023
Untuk mengatasi hal ini, Asnan memiliki program kerja yang diberi nama Senja Membaca dan Jamila (Jalin Silaturahmi Lewat Literasi). Program Senja Membaca difokuskan pada kegiatan membaca buku setiap sore bersama anak-anak di tempat penitipan anak (TPA) dan komunitas literasi di Provinsi Lampung.

Sementara program Jamila bertujuan untuk melibatkan diskusi dan memperkuat niat dalam mencetak generasi muda yang hebat melalui literasi.

Asnan, yang sebelumnya telah meraih penghargaan sebagai Duta Generasi Berencana di Unila dan Provinsi Lampung pada tahun 2022, serta menjadi Putra Ekowisata Provinsi Lampung, mengungkapkan keinginannya untuk terus belajar dan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitarnya.

Terpilihnya Asnan Amirul M, Ratu Ananda Salsabila, dan Gunawan, sebagai Duta Literasi Indonesia Provinsi Lampung 2023 diharapkan dapat menginspirasi generasi muda, khususnya di Lampung, untuk lebih peduli dan aktif dalam meningkatkan minat baca dan literasi.

Semangat mereka dalam berkontribusi pada gerakan literasi diharapkan akan mencetak generasi muda yang cerdas, berwawasan luas, dan berkualitas sebagai pemimpin masa depan Indonesia.(*)