Bandar LampungBandarlampungPendidikanunila

Himafi dan Almafika Sukses Gelar Semnas Kemajuan Sains dan Penginderaan Jarak Jauh

76
×

Himafi dan Almafika Sukses Gelar Semnas Kemajuan Sains dan Penginderaan Jarak Jauh

Sebarkan artikel ini

Bandar Lampung – Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafi) dan Aliansi Mahasiswa Pendidikan Fisika (Almafika) FKIP Universitas Lampung (Unila) sukses menggelar seminar nasional bertajuk “Kemajuan Sains dan Penginderaan Jarak Jauh dan Aplikasinya” di Gedung Semergou, Bandarlampung, Kamis, 3 Agustus 2023.

Acara ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Musyawarah Nasional Ihamafi (Ikatan Himpunan Mahasiswa Fisika) ke-XVII. Ihamafi XVII bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa fisika dari berbagai universitas di Indonesia untuk bersinergi dan bertukar pikiran demi kemajuan ilmu fisika di Tanah Air.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unila Dr. Anna Gustina Zainal, S.Sos., M.Si., dalam sambutannya mengungkapkan kebanggaannya terhadap pencapaian Himafi dan Almafika karena berhasil menyelenggarakan seminar nasional mengusung topik yang relevan dengan perkembangan teknologi saat ini.

Ia juga menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai sarana untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan pemahaman mengenai pemanfaatan penginderaan jauh dalam mendukung tujuan pembangunan nasional.

Selanjutnya Drs. Tole Dailami selaku Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Bandarlampung, dalam sambutannya sekaligus membuka acara berharap, seminar yang digelar Himafi dan Almafika dapat memberikan kontribusi berarti bagi pembangunan masyarakat Indonesia, terutama dalam konteks pendidikan dan ilmu fisika.

Adapun narasumber pada semnas hari ini yaitu Dr. Andie Setyoko, S.T., M.Tech., selaku Ketua Kelompok Riset Citra Radar dan DEM BRIN dan Manager Agritech Improvement R&D PT. GGP Ir. Dwi Okiyanto.

Seminar ini merupakan salah satu acara dalam rangkaian kegiatan Ihamafi ke-XVII yang sudah berlangsung sejak 1 Agustus dengan seminar nasional bertajuk “Satukan Persepsi untuk Fisika Bersinergi di Bumi Tapis Berseri” dan akan berakhir pada 6 Agustus 2023.

Partisipan pada kegiatan ini mencakup 35 delegasi yang mewakili 20 himpunan dan 18 universitas dari seluruh Indonesia. Peserta terdiri dari pengurus Ihamafi periode 2021-2023 dari perguruan tinggi negeri dan swasta, delegasi mahasiswa fisika dari berbagai perguruan tinggi, alumni pengurus Ihamafi, dan undangan khusus lainnya. (*)

Baca Juga :  Ratusan Mahasiswa Pringsewu Gelar Aksi Tolak Kenaikan BBM