BeritaBerita Utama

Bocah Usia 5 Tahun di Lampung Tengah Terpeleset ke Irigasi, Tim SAR Gabungan Evakuasi Dalam Keadaan Meninggal Dunia

82
×

Bocah Usia 5 Tahun di Lampung Tengah Terpeleset ke Irigasi, Tim SAR Gabungan Evakuasi Dalam Keadaan Meninggal Dunia

Sebarkan artikel ini

LAMPUNG TIMUR-Tim SAR Gabungan Evakuasi Fiko (5), anak yang terpeleset dan terbawa arus di Irigasi Sidomulyo Kec. Punggur Kab. Lampung Tengah dalam keadaan Meninggal Dunia pada Jumat (03/11/2023).

Kejadian berawal pada Jumat (03/11) pukul 16.00 WIB Wandy (warga sekitar) melihat korban a.n. Fiko (5) sedang bermain di sekitar irigasi Sidomulyo, kemudian tiba tiba korban terpeleset dan terbawa arus irigasi. Wandy dan warga sekitar mencoba menyelamatkan korban tersebut. Namun akibat arus deras di irigasi korban belum berhasil dievakuasi.

Selanjutnya Wandy melaporkan kejadian tersebut ke Basarnas Lampung sekitar pukul 18.00 WIB. Menindaklanjuti laporan tersebut, Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah mengerahkan 1 tim Rescue dari Kantor Basarnas Lampung untuk menuju lokasi dan melakukan pencarian dan pertolongan.

Tim tiba di lokasi sekitar pukul 19.15 WIB dan langsung berkoordinasi dengan unsur SAR Gabungan yang terdiri dari Polsek Punggur, Bhabinkamtibmas, Babinsa Punggur, BPBD Lampung Tengah, Tagana Lampung Tengah, RAPI, IEA, Forum Rescue Relawan Lampung dan masyarakat setempat.

Setelah melakukan briefing tim SAR Gabungan langsung memulai pencarian dengan tim menjadi 2 SRU (SAR Rescue Unit). SRU I melakukan penyisiran di Pintu Air 14 dan Pintu Air 15 ke arah hulu. SRU II melakukan Penyisiran sejauh 2.2 Km arah 212° Timur Laut dari titik duga korban tenggelam.

Dengan upaya pencarian maksimal dari tim SAR Gabungan sekitar pukul 22.17 WIB korban berhasil ditemukan dalam keadaaan meninggal dunia pada koordinat 5° 0’9″S – 105°18’46″T ° atau sekitar ± 3 Km arah Barat Daya dari lokasi kejadian. Selanjutnya korban dievakuasi menuju rumah duka untuk diserahkan kepada pihak keluarga.

Komandan Tim Rescue Basarnas Lampung yang berada di lokasi Koman Liyo mewakili Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah selaku SMC (SAR Mission Coordinator) menyatakan bahwa korban terpeleset dan terbawa arus di Irigasi Sidomulyo Punggur telah ditemukan.

Baca Juga :  Rizky Ervianto Resmi Jabat Ketua AMPI Lamteng periode 2023-2028

“Korban a.n. Fiko (5) telah ditemukan sekitar pukul 22.17 WIB dalam keadaan meninggal dunia. Selanjutnya korban dibawa menuju ke rumah duka.”, kata Koman.(***)