BeritaBerita UtamaPrinsewu

FJI Mengadakan Pelatihan Dasar Jurnalistik

1384
×

FJI Mengadakan Pelatihan Dasar Jurnalistik

Sebarkan artikel ini

PRINGSEWU – Federasi Juru Informasi (FJI) Pringsewu Menggelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar Kepada ratusan siswa siswi SLTA, di Aula SMK Negeri 1 Gadingrejo, Sabtu 25 November 2023.

Pelatihan tersebut, di hadiri oleh Ipda Rahmat Basuki selaku pemateri ,Eko Kusmiran,S.Pd., sekretaris Kominfo Pringsewu, Tutor Manalu sebagai pemateri kode etik jurnalistik ,Andry Kurniawan sebagai Pemateri di bidang Jurnalis Digital , serta ratusan pelajar yang menjadi peserta pelatihan.

Dalam Sambutan nya Mat Syahrifal selaku Ketua FJI kabupaten Pringsewu menyampaikan, ” bahwa FJI salah satu lembaga resmi di Pemerintah Kabupaten Pringsewu dari 9 lembaga yang ada di kabupaten Pringsewu ,di tengah-tengah sambutan nya Mat Syahrifal menyampaikan untuk menjadi seorang jurnalis itu harus mampu menyajikan berita yang Aktual BUKAN hoaks, ” Ujarnya.

Selain itu, Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Pringsewu, Eko Kusmiran dalam sambutan pembukaan mengapresiasi adanya pelatihan jurnalis tingkat dasar yang dilaksanakan FJI Pringsewu. 
“Karena, kegiatan tersebut sangat penting bagi lembaga forum wartawan, tidak hanya fokus mencari berita tapi juga dengan kegiatan yang mengedukasi. Untuk itu Saya berharap kedepannya kegiatan yang sifatnya mengedukasi dapat terus dilakukan,” harapnya.

Sebagai Narasumber Tutor Manalu menyampaikan beberapa kode etik jurnalis dan Cara mendapat kan info berita yang aktual serta menanamkan nilai-nilai seorang jurnalis yang profesional kepada para pelajar yang hadir ,lalu melakukan tanya jawab kepada beberapa para pelajar yang hadir guna nya untuk melatih keberanian memaparkan pendapat dan agar mereka mendapat wawasan tentang Profesi Jurnalis .

Andry Kurniawan sebagai Pemateri berikut nya menjelas kan tentang Cara dan tekhnik dalam mengambil gambar/video (tekhnik visual) dan cara dalam merangkai antara judul ,sub judul dengan gambar yang telah di ambil sebagai bahan berita yang akan di kemas ke publik .

Baca Juga :  Kenali Rekam Jejak Pemimpin

Rangkaian kegiatan selanjut nya setelah melakukan istirahat siang ,kegiatan selanjut nya memasuki tahapan inti nya yaitu melatih para pelajar untuk Latihan menulis di lakukan secara per individu yang di awasi langsung oleh Panitia kegiatan dari lembaga FJI Pringsewu . (*)