Nasional

RSUD Otista Bandung Siapkan Ruangan Khusus Caleg Gagal

352
×

RSUD Otista Bandung Siapkan Ruangan Khusus Caleg Gagal

Sebarkan artikel ini

Bandung – Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Oto Iskandar Dinata (Otista), Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menyiapakan ruangan khusus untuk caleg gagal pada pemilu 2024.

dr. Marsudi, Sp.KJ(K), mengatakan, pihaknya telah menyiapkan ruangan khusus untuk para calon anggota legislatif (caleg) yang kejiwaannya terganggu akibat gagal pada Pemilu 2024, Dilansir dari Pikiran Rakyat.

“Kalau setiap ada kegiatan Pemilu, kita selalu menyiapkan ruangan dan tempat pemeriksaan untuk caleg-caleg yang mengalami stres setelah Pemilu, terutama bagi caleg-caleg yang kalah,” kata dia di Kabupaten Bandung, Senin, 27 November 2023.

Dia mengungkapkan, ruang khusus tersebut untuk memberikan pelayanan kepada caleg yang depresi atau gangguan jiwa seusai menerima kabar tak terpilih menjadi anggota legislatif di Pemilu 2024. Marsudi berujar, kendati pada pemilihan umum sebelumnya tak ada caleg yang masuk rumah sakit, tetapi pihaknya bakal tetap menyiapkan layanan itu untuk mengantisipasi.

“Kita persiapkan ini karena beberapa caleg itu kadang-kadang ada beberapa yang dia bercita-cita terpilih,” kata dia, “harapannya besar, kenyataannya dia gagal. Nah, itu yang kita antisipasi dengan menyiapkan ruangan dan tempat pemeriksaan.”

Siapkan 10 ruangan

Marsudi berujar, pada Pemilu 2024, pihaknya menyiapkan 10 ruangan dan bertambah dari pemilihan umum sebelumnya, cuma lima ruangan.

“Ini sebagai langkah untuk mengantisipasi siapa tahu ada caleg yang mengalami gangguan jiwa,” tuturnya, “karena pemilihan umum saat ini, sepertinya pesertanya lebih banyak dari pemilu sebelumnya.”

Dalam kesempatan itu, dia mengungkapkan, pihaknya bakal merahasiakan identitas caleg stres yang menjalani perawatan. RSUD Otista Kabupaten Bandung, kata dia, sudah melakukan sosialisasi sebelum para caleg itu mendaftarkan diri.

“Kita telah memberikan saran-saran supaya mereka jangan sampai nanti setelah pemilu mengalami gangguan, misalnya harus banyak rileks. olahraga, jangan tegang-tegang, dan harus banyak bersosialisasi,” tutur dia, seperti dilaporkan Antara. (*)

Baca Juga :  Polri Kirim Personel Terbaik Ikuti UAE SWAT Challenge di Dubai