BeritaBerita UtamaPolitik

Debat Perdana Capres, Siapa Bakal Dongkrak Elektabilitas?

89
×

Debat Perdana Capres, Siapa Bakal Dongkrak Elektabilitas?

Sebarkan artikel ini

JAKARTA – Debat perdana Pilpres 2024 akan digelar Selasa (12/12/2023) malam. Debat ini mengambil tema Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga.

Debat akan berlangsung di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai pukul 19.00 WIB. Ketiga Capres Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo bakal menyampaikan gagasan, visi-misi sesuai dengan tema.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mengungkapkan, total durasi debat perdana Pilpres 2024 akan berlangsung selama 150 menit. Durasi debat tersebut terpecah kepada sejumlah sesi, dengan durasi bersih debatnya adalah 120 menit.

“Totalnya 150 menit, untuk debatnya 120 menit, dibagi enam segmen dan di antara segmen ada jeda iklan waktunya kurang lebih lima menit,” kata Hasyim saat jumpa pers di Kantor KPU Republik Indonesia, Jakarta, Senin (11/12/2023).

Hasyim menambahkan, 11 panelis yang ditunjuk dan menandatangani pakta integritas, sudah bekerja dalam menyusun soal yang akan menjadi bank soal selama debat. Selain itu, mereka sudah dikarantina sejak dua hari lalu agar menjaga profesionalitas.

“Panelis sudah bekerja dan moderator yang akan memimpin debat capres, mereka sudah siap,” ucap Hasyim.

Komisioner KPU August Mellasz menambahkan, enam segmen tersebut adalah satu, pembukaan pembacaan tata tertib dan penyampaian visi misi dan program kerja.

“Segmen kedua dan ketiga, pendalaman visi misi dan program kerja , pertanyaan dan interaksi antara pasangan calon yang lain. Segmen empat dan lima yaitu tanya jawab dan tanggapan di sana akan terjadi proses interaksi tanggapan lontaran pertanyaan dari pasangan calon dan direspon antara calon dengan calon yang lain dan terakhir adalah segmen penutup,” tandas August.

KPU Pastikan Debat Pilpres Tidak Berjalan Seperti Cerdas Cermat

Baca Juga :  Telkomsel Siagakan Semangat Untuk Bangkit Lebih Kuat

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari memastikan, teknis debat perdana Pilpres 2024 tidak berlangsung seperti konsep cerdas cermat.

“Supaya debatnya ini enggak terkesan monoton, enggak seperti cerdas-cermat, maka satu segmen itu ada 3 pertanyaan, kemudian masing-masing capres itu nanti sebelum memasuki perdebatan akan mengambil dulu secara acak (pertanyaan) dan setelah mendapatkan pertanyaannya, moderator akan menyampaikan isi dari pertanyaan tersebut,” kata Hasyim.

Hasyim melanjutkan, pertanyaan yang sudah dibacakan oleh kandidat pertama boleh ditanggapi oleh kandidat dua dan kandidat tiga. Usai saling memberi tanggapan terhadap jawaban kandidat pertama, di akhir segmen kandidat pertama diperkenankan memberi jawaban pamungkasnya terhadap tanggapan dua kandidat lain.

“Supaya kemudian clear di bagian perdebatan itu dan bisa dikatakan segmen yang disediakan untuk berinteraksi antar calon bakal lebih banyak ada di segmen dua sampai lima modelnya semua interaksi dengan pertanyaan yang diajukan oleh panelis,,” jelas Hasyim.

Terkait segmen satu, Hasyim mengungkap para kandidat akan lebih difokuskan terhadap visi, misi dan program. Meski masih ada bagian penajaman namun tidak sedetail segmen dua, tiga, empat dan lima.

“Segmen enam penutupan atau closing statement, jadi sesi penutup tanpa pertanyaan,” ungkap Hasyim. (*)