Bandar Lampungunila

Unila dan ENTPE Perpanjang Kerja Sama

134
×

Unila dan ENTPE Perpanjang Kerja Sama

Sebarkan artikel ini

Bandarlampung – Rektor Universitas Lampung ( Unila ) Prof.Dr.Ir. Lusmeilia Afriani, DEA, IPM., ASEAN Eng., memperluas kerja sama strategi dengan l’Ecole Nationale des Travaux Publics de l’Etat (ENTPE), Prancis. Upaya ini dilakukan saat Rektor menyambangi kampus ENTPE, Jumat, 7 Juni 2024.

Pada kunjungan tersebut, delegasi Unila terdiri dari Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ketua LPPM, Dekan Fakultas MIPA, serta beberapa dosen, diterima jajaran pimpinan ENTPE termasuk Xavier Olagnec (Senior Vice-President ENTPE), Dr. Nicolas Farges (Direktur Pembangunan Ekonomi, Pendidikan Berkelanjutan, dan Hubungan Internasional), Dr. Luc Delattre (Direktur Penelitian), dan Dr. Eric Charmes (Peneliti Senior Studi Interdisipliner/EVS RIVES).

Delegasi Unila mengikuti serangkaian kegiatan di ENTPE, seperti lokakarya tentang sistem pendidikan tinggi di Prancis, terdiri dari Universitas dan Grande École, sistem penelitian di Prancis yang tergabung dalam UMR, diseminasi hasil penelitian, serta diskusi mengenai peluang kerja sama lebih lanjut.

Puncak kunjungan adalah penandatanganan perjanjian kerja sama untuk memperpanjang hubungan antara Unila dan ENTPE yang telah terjalin sejak tahun 2012.
Kerja sama ini telah menghasilkan berbagai inisiatif, termasuk program mobilitas mahasiswa di mana mahasiswa ENTPE secara berkala melaksanakan magang selama 4,5 bulan di Unila. Program ini dilaksanakan dengan dukungan dari Pemerintah Provinsi Lampung dan pembiayaan dari ENTPE.

Rektor Unila menegaskan komitmennya untuk mempererat dan mengembangkan kerja sama ini di berbagai bidang, seperti penelitian bersama, pertukaran dosen dan staf, serta reviewer jurnal. Dalam pidatonya saat menandatangani kesepakatan, Rektor Unila menyatakan ingin memperdalam kerja sama.

“Kami ingin memperluas dan memperdalam kerja sama antara Unila dan ENTPE dalam berbagai bidang seperti pertukaran mahasiswa, mobilitas dosen, pembimbingan bersama tesis dan disertasi Ph.D, penelaahan jurnal, penelitian bersama, dan lain-lain. Dari pertemuan ini, saya berharap kita dapat menciptakan peluang untuk mengembangkan kerja sama antara kedua universitas.”

Baca Juga :  Dosen FMIPA Unila Raih Penghargaan “Best Oral Presentation” dalam Konferensi Internasional di Korea Selatan

Dr. Nicolas Farges dari ENTPE menyampaikan penghargaannya atas kunjungan balasan Rektor Unila, setelah sebelumnya ia berkunjung ke Unila pada tahun 2014. Direktur Internasional ENTPE juga menekankan, kerja sama internasional memerlukan upaya ekstra dan akan berjalan lancar jika dikelola orang yang tepat. Dengan komitmen yang dipimpin pimpinan Unila, ia optimistis kerja sama ini dapat dikonkretkan dan memberi manfaat bagi kedua institusi.

google-site-verification=s66foeG-xwSitfUG5ZrTZ1Edakqko21rY3d69uxaUnQ