BeritaBerita UtamaYogyakarta

Layak Dipertimbangkan, Balon Wakil Walikota Jogja Ricco Survival Yubaidi Siap Jaga Toleransi Umat Beragama

133
×

Layak Dipertimbangkan, Balon Wakil Walikota Jogja Ricco Survival Yubaidi Siap Jaga Toleransi Umat Beragama

Sebarkan artikel ini

YOGYAKARTA – Ricco Survival Yubaidi resmi mendaftarkan dirinya ke beberapa partai untuk mengusungnya sebagai Bakal Calon Wakil Walikota Yogyakarta 2024.

“Saya sedang komunikasi terus dengan PKB, PDIP, Nasdem dan partai lain yang memungkinkan untuk diajak kolaborasi,” kata Ricco saat dikonfirmasi, Kamis (13/6/2024).

Ricco kedepannya siap memajukan Yogyakarta, sebagai kota sehat, berdaya saing, berbudaya dan toleran.
“Visi saya itu adalah Yogyakarta Maju ; Kota Sehat, Berdaya Saing, Berbudaya, dan Toleran. Saya mau kita rukun dalam bermasyarakat. Saling menghargai perbedaan apapun itu,” sambung pria kelahiran tahun 1993 itu.

Sedangkan Ricco memiliki misi kedepannya yakni :
1. Mengembangkan Infrastruktur yang Berkelanjutan:
* Memperbaiki dan meningkatkan jaringan transportasi dan infrastruktur publik untuk mendukung mobilitas yang lancar dan efisien bagi seluruh warga.
* Menyediakan fasilitas olahraga dan rekreasi yang berkualitas untuk mempromosikan gaya hidup sehat dan aktif di tengah masyarakat.
2. Pendidikan Berkualitas untuk Semua:
* Memperkuat sistem pendidikan yang inklusif dan berorientasi pada hasil, dengan memastikan akses yang adil dan kesempatan yang setara bagi seluruh anak di Yogyakarta.
* Meningkatkan investasi dalam pelatihan guru dan fasilitas pendidikan untuk menciptakan lingkungan belajar yang memotivasi dan berdaya saing.
3. Perekonomian Berkelanjutan dan Inklusif:
* Mendukung pengembangan industri, perdagangan, dan pariwisata yang berkelanjutan, dengan memperhatikan keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan sosial.
* Mendorong kewirausahaan dan inovasi di kalangan masyarakat lokal, dengan memberikan dukungan dalam hal akses modal, pelatihan, dan infrastruktur pendukung.
4. Pembangunan Kota yang Berkelanjutan:
* Mengelola pertumbuhan kota yang terkendali dan berkelanjutan, dengan memperhatikan keseimbangan antara pembangunan perkotaan dan pelestarian lingkungan serta warisan budaya.
* Menyediakan layanan publik yang efisien dan berkualitas, termasuk manajemen limbah yang baik, air bersih yang cukup, dan energi yang terjangkau.
5. Partisipasi Masyarakat dan Pemberdayaan Lokal:
* Mendorong partisipasi aktif warga dalam proses pengambilan keputusan dan pembangunan kota melalui forum dialog dan mekanisme partisipatif lainnya.
* Memberdayakan komunitas lokal untuk mengambil peran aktif dalam pelestarian budaya dan lingkungan, serta pengembangan program-program sosial yang berkelanjutan.
6. Inovasi Teknologi dan Smart City:
* Menerapkan solusi teknologi cerdas untuk meningkatkan efisiensi layanan publik, termasuk transportasi, keamanan, dan manajemen limbah.
* Mengembangkan ekosistem inovasi dan teknologi lokal yang mendukung pertumbuhan ekonomi digital dan kreatif di Yogyakarta.
7. Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat:
* Menyediakan akses yang lebih luas terhadap layanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau bagi seluruh warga Yogyakarta.
* Memperkuat program-program kesejahteraan sosial dan perlindungan bagi kelompok rentan dan membutuhkan di masyarakat.
8. Pengembangan Wisata Budaya dan Pariwisata yang Berkelanjutan:
* Mengembangkan potensi wisata budaya Yogyakarta dengan mempromosikan warisan budaya, kesenian tradisional, dan kuliner khas sebagai daya tarik wisata.
* Mengelola pariwisata secara berkelanjutan dengan memperhatikan keseimbangan antara pembangunan wisata dan pelestarian lingkungan serta kearifan lokal.
9. Menjadikan Yogyakarta sebagai Kota Toleransi:
* Memperkuat nilai-nilai toleransi dan keberagaman di tengah masyarakat melalui pendidikan, kampanye sosial, dan program-program komunitas.
* Mendorong kerjasama lintas agama, budaya, dan kelompok sosial untuk menciptakan lingkungan yang harmonis dan saling menghargai.
* Meningkatkan peringkat Yogyakarta sebagai kota toleransi dengan menciptakan kebijakan dan program yang mendukung keberagaman dan inklusi.
10. One Stop Student Service:
* Mewujudkan Yogyakarta sebagai kota yang ramah dan terbuka bagi para pelajar dengan menyediakan pelayanan terpadu yang mendukung semua aspek pendidikan.
* Menyediakan informasi dan bantuan terkait pendidikan, tempat tinggal, transportasi, dan layanan kesehatan bagi para pelajar yang menempuh studi di Yogyakarta.
* Menyelaraskan program-program pendidikan dengan kebutuhan dunia kerja dan industri, sehingga lulusan memiliki keterampilan yang relevan dan siap bersaing di pasar kerja.
“Semoga amanah, dan didukung warga kota Yogyakarta. Konstituen saya adalah masyarakat,” tutupnya.

Baca Juga :  Unila 100% Siap Jadi Tuan Rumah Muktamar NU

Biodata Pribadi :

Nama Lengkap : Ricco Survival Yubaidi, A.Md., S.H., M.Kn., Ph.
Tempat / Tanggal Lahir : Yogyakarta, 11 Juni 1993.
Agama : Islam.
Sosial Media : Facebook: Ricco Yubaidi, Twitter: @riccoyubaidi, Instagram: @riccoyubaidi.

Pendidikan Formal

2011-2014 – D3 Universitas Gadjah Mada, Jurusan Tehnik Sipil.
2011-2015 – S1 Universitas Widya Mataram, Jurusan Hukum.
2015-2017 – S2 Universitas Gadjah Mada, Jurusan Kenotariatan.
2018-2024 – S3 Universitas Kebangsaan Malaysia, Jurusan Undang-Undang.

Pendidikan Non Formal

2022 – Universiti Kebangsaan Malaysia, Pendidikan Sijil Eksekutif Undang-undang dan Masyarakat (SEUM), selama satu bulan.
2016 – Fakultas Flukum Universitas Islam Indonesia, DPP IKADIN dan PERADI, Pendidikan khusus Profesi Advokat PKPA Angkatan XXXIII, selama tiga bulan.

Riwayat Pekerjaan

Tahun 2011 – PT Proporsi sebagai Consultant Supervisor.
Tahun 2014 – JO Ciputra Graha Terasama sebagai Construction Supervisor.
Tahun 2016 – East Asia Tourist Forum (EATOF) South Korea sebagai International Officer.
Tahun 2018 – Kantor Pertanahan Yogyakarta sebagai Magang Kerja.
Tahun 2018 – PT Baracipta Esa Engineering sebagai Drafter.
Tahun 2019 – Graduate Research Assistant (GRA) Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) sebagai Researcher.
Tahun 2018-2021 Kantor PPAT Ricco Survival Yubaidi, S.H., M.Kn., sebagai PPAT.
Tahun 2021 hingga saat ini Kantor Notaris dan PPAT Ricco Surrrival Yubaidi, S.H., M.Kn., sebagai Notaris dan PPAT.

Publikasi :

1. The Differences in Housing Purchases Power between Low and Medium Groups in Malaysia (2023, Book chapter 17 – Access to Justice in Malaysia and Beyond)
2. Land Registration Acceleration in Indonesia: A Lesson-leamed Guideline From Land Registration Issues in Malaysia (2022, UUM Journal of Legal Studies, Scopus Index)
3. Measuring the Low-Income Eamer on Housing Access in Urban Areas of Indonesia and Malaysia (2021, Hasanuddin taw Review, Scopus Index)
4. Kaedah Pendaftaran Tanah di Indonesia Sebagai Penyelesaian Konflik Agraria (2021, Jurnal Undang-undang dan Masyarakat)
5. The Differences in Housing Purchases Power between Low and Medium Groups in Malaysia (202I, Tuanku Ja’afar Conference Workshop).
6. Gotong Royong Kunci Kesuksesan Era Normal Baru (2020, Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia).
7. The Role of Land Deed Official Regarding Legal Certainty Of Complete Systematic Land Registration (2020, Jurnal Hukum dan Peradilan)
8. Role of Land Deed Officials in Legal Satisfaction Guarantee for Complete Systematic
Land Registration (2020, Jurnal Notariil)
9. The Future of Land Ownership Regulation in Indonesia(2}lg,Intemational Joumal of Multicultural and Multireligious Understanding)
10. Analisis Pemberian Hak Guna Bangunan Untuk Persekutuan Komanditer (2019)
11. Faktor Kesiapan PPAT Dalam Pelaksanaan Pendaftaran Hak Tanggungan Terintegrasi Secara Elektronik (2019)
12. Penerapan Prinsip Kehati-hatian oleh PPAT dalam Pembuatan Akta Jual Beli dan Pertimbangan Hakim dalam Pembatalan Akta Jual Beli (2017, Tesis Universitas Gadjah Mada)
13. Jual Beli Tanah Untuk Mendapatkan Hak Guna Bangunan Pada Yayasan Pembina Potensi Pembangunan Yogyakarra (2015, Skripsi Universitas Widya Mataram)
14. Ergonomics Review of Brick Wall Installation Labour Using Rapid Entire Body Assessment (REBA) Method (2014, Chulalongkorn University, Thailand)

Baca Juga :  Pengguna Jalan Keluhkan Ruas Lamteng-Pringsewu Yang Hancur

Penelitian :

“Pembinaan Garis Panduan Perumahan B40 Untuk Meningkatkan Akses Kepada Perumahan B40 dan Garis Panduan Pembayaran Perumahan B40 Kepada Pemaju Dalam Memajukan Perumahan Bagi Golongan B40” under the Federal Research Grant Scheme [FRGS/I/20 1 9/SS 1 10 UKM/02/2].

Konferensi dan Seminar :

1. Sebagai Pengelola/Chief Editor Jurnal Beranda Hukum Indonesia (JBHI).
2. Sebagai Dosen Pengampu Mata Kuliah “Penyusunan Kontrak” (2024, Universitas
Islam Indonesia).
3. Sebagai Moderator International Guest Lecture “Malaysian Land Registration” (2023,
Universitas Islam Indonesia).
4. Sebagai Dosen Pengampu Mata Kuliah’oAgrarian Law” (202I-2023, Universitas Islam
Indonesia).
5. Sebagai Dosen Pengampu Mata Kuliah o’Pendaftaran dan Pengurusan Hak-hak Tanah”
(2023, Universitas Islam Indonesia).
6. Sebagai Moderator Seminar Nasional Hukum Pertanahan “Pendaftaran Tanah dan Pengaturan Pertanahan Pasca UU dan PERPU Cipta Kerja” (2022, Fakultas Hukum Universitas Dr. Soetomo).
7. Sebagai Moderator Diskusi Keilmuan “Serba-serbi Yayasan, PT, CV dan Hukum
Kenotariatan” (2021).
8. Sebagai Moderator Diskusi Nasional (Peran Notaris/PPAT Terhadap Akta Yang
Dibuatnya Dalam Perkara Perdata dan Pidana di Pengadilan (2021, Forum Masyarakat
Hukum).
9. Sebagai Peserta Pelatihan dan Pembekalan di bidang Koperasi (202I, Pengurus Daerah
Kabupaten Tegal Ikatan Notaris Indonesia).
10. Sebagai Moderator Bincang Santai “Mengenal Koperasi Model Multipihak Bagi Notaris Pembuat Akta Koperasi (2021, TF Law Center).
11. Sebagai Moderator Webinar “Peraturan Menteri ATR/Kepala BPN Nqmor 16 Tahun 2021” (2Q21, Yayasan Sahabat Herlina Satu Hati Untuk Negeri).
12. Sebagai Moderator Seminar “sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren” (2021,DPD DIY dan PC GP Ansor).
13. Sebagai Peserta Pembinaan Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan Bagi Birokrat, Akademisi, Tokoh Masyarakat dan Organisasi Profesi Secara Virtual Angkatan IV (2020, Lembaga Ketahanan Nasional RI).
14. Sebagai Moderator Webinar Nasional “CatatanKemerdekaan: Pranata dan Pengaturan Hukum Agraria Nasional (202Q, Forum Masyarakat Hukum).
15. Sebagai Moderator Webinar Nasional o’sistem Publikasi Pendaftaran Tanah di Indonesia: Dulu, Kini dan Nanti” (2020, Forum Masyarakat Hukum).
16. Sebagai Moderator Webinar Nasional ‘oPenguasaan serta Pengelolaan Tanah Negara dan Pulau-pulau Kecil di Indonesia” (202Q, Forum Masyarakat Hukum).
17. Sebagai Moderator Webinar Nasional “Prinsip Pelaksanaan Jabatan Notaris/PPAT Dalam Pembuatan Akta-kata Perbankan di tengah Pandemi Covid-l9” (2020, Forum Masyarakat Hukum).
18. Sebagai Peserta Peningkatan Kualitas Pejabat Pembuat Akta Tanah (2019, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional).
19. Sebagai Peserta “Good and Bad Literature Review” (2019, Universiti Kebangsaan Malaysia Graduate Centre).
20. Sebagai Peserta o’Questionnaire Design” (2019, Univesiti Kebangsaan Malaysia Graduate Centre).
21. Sebagai Peserta ‘oHow to Write a Research Proposal” (2}lg, Univesiti Kebangsaan Malaysia Graduate Centre).
22. Sebagai Peserta Workshop on Sharing Knowledge and Promoting Joint Research For Better Cooperation Universitas Jenderal Soedirman – Universiti Kebangsaan Malaysia (2019, Malaysia).
23. Sebagai Peserta Kursus “Penulisan Artikel Jurnal Sains Sosial Berimpak Tinggi di Web of Science and Scopus (2019, Bangi, Malaysia).
24. Sebagai Peserta Seminar “Privatisasi Aset Negara Dalam Perpindahan Ibukota” (2019, Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia).
25. Sebagai Peserta Industrial Research Visit to Nasyrul Quran (2018, Universiti Kebangsaan Malaysia Graduate Centre).
26. Sebagai Peserta Table Manners Course (2014, Inna Garuda Hotel, Convention & Business).

Baca Juga :  Spanduk Bacabup Dipasang Difasum, Disinyalir Melanggar Aturan

Tanda Jasa dan Penghargaan

Tahun 2021 – Terbaik 5 Pelatihan Peningkatan Kualitas Jabatan Notaris (PPKJN) oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia cq. Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum.
Tahun 2020 – Graduate Ambassador Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) oleh Universiti Kebangsaan Malaysia Graduate Centre.
Tahun 2018 – Kader Bela Negara Provinsi DIY oleh Kementerian Pertanahan Republik Indonesia cq. Direktorat Jenderal Potensi Pertanahan.
Tahun 2017 – Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (KIPAN) Daerah Istimewa Yogyakarta oleh Badan Narkotika Nasional (BNN).
Tahun 2015 – Duta Pariwisata Indonesia – Daerah Istimewa Yogyakarta oleh Yayasan Duta Wisata Indonesia (ADWINDO).
Tahun 2014 – Duta Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (Dimas) oleh Dinas Pariwisata DIY.
Tahun 2014 – Duta Pariwisata Kabupaten Sleman (Dimas) oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman.

Hal Lainnya :

1. Sebagai Anggota Bidang Database dan Keanggotaan ppngurus pusat Komunitas Alumni Notariat Universitas Gadjah Mada- KANOGAMA (2023).
2. Sebagai Anggota Kelompok Kerja (Pokja) Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia
(2023).
3. Sebagai Anggota Kelompok Kerja (Pokja) Pengurus Wilayah Jawa Tengah Ikatan Notaris Indonesia (2022).
4. Sebagai Narasumber’oRapat Kerja dan Pembinaan Kader BelaNegara FKBN (2022).
5. Sebagai Narasumber Peningkatan Mahasiswa “Pelatihan Legal Contract” (2022, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga).
6. Sebagai Koordinator Pendidikan dan Pelatihan pada Yayasan Sahabat Herlina Satu Hati Leaming Center (2021).
7. Sebagai Narasumber Seminar Nasionai Kebangsaan “Peran Pemuda Mempertahankan Ideologi dan Kemerdekaan Bangsa” (2021, Amikom Purwokerto).
8. Sebagai Narasumber Live Instagram “Pengalaman Magang di Kantor PPAT dan BPM “(2021, NotariALB).
9. Sebagai Anggota Asosiasi Dosen Hukum Agraria Seluruh Indonesia – ADHASI (2020).
10. Sebagai Sekretaris Umum Persatuan Siswazah Fakulti Undang-Undang Universiti Kebangsaan Malaysia – PERSISWA FUU UKM (2019).
11. Sebagai Delegasi KualaLumpur Summit 2019″TheRole ofDevelopment in Achieving National Sovereignty (2019).
12. Sebagai Wakil Sekretaris Umum Pengurus Cabang Istimewa Nadhlatul Ulama Malaysia (2019).
13. Sebagai Peserta Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama Angkatan III (2018, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Yogyakarta).
14. Sebagai Peserta Dawrah Kader Ulama Pesantren (2018, Yayasan Fahmina Institute).
15. Sebagai Peserta Pendidikan Pengembangan wawasan I(eulamaan (PPWK) Dawrah Tsalitsah (2017, Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pengurus Besar Nahdlatul Ulama).
16. Panitia Pelaksana Konsolidasi Keilmuan Nasional Mahasiswa (2017, Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gadjah Mada).
17. Kepala Bidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gadjah Mada – HMP UGM (2017).
18. Ketua Departemen Media dan Informasi I(eluarga Mahasiswa Notariat Universitas Gadjah Mada KMN – UGM (2016).
19. Ketua Pusat Studi Agraria Indonesia – AGRANESA Sebagai Delegasi English Presentation Skills by the Singapore Teachers International Holdings Pte Ltd (2013, Singapore).
20. Sebagai Delegasi Art Immersion Student Exchange Fieldtrip (2012, Chiang Mai, Thailand).
21. Sebagai Delegasi Asean Youth and The Evolving Regional Architecture (2013, Bangkok, Thailand).
22. Sebagai Sekretaris Yayasan dan Anggota Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo Yogyakarta (2013 – sekarang).
23. Sebagai Ketua Delegasi Indonesia-Thailand Frienship and Cultural Exchange Program (2012, Bangkok, Thailand).
24. Sebagai Wakil Deputi Pelayanan Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Gadjah Mada – BEM KM UGM (2012). (Wira)

google-site-verification=s66foeG-xwSitfUG5ZrTZ1Edakqko21rY3d69uxaUnQ