BeritaBerita Utama

Kemantren Kotagede Gelar Ajang Mencari Bakat ‘Kotagede Mencari Bakat’

64
×

Kemantren Kotagede Gelar Ajang Mencari Bakat ‘Kotagede Mencari Bakat’

Sebarkan artikel ini

YOGYAKARTA – Kemantren Kotagede kembali menggelar Kotagede Mencari Bakat (KMB) yang akan digelar di halaman kantor Kemantren Kotagede pada 12-13 Juli 2024. Event tahunan ini merupakan ajang lomba kesenian Kemantren Kotagede.

Salah satu panitia acara tersebut Fiya Ma’arifa Ulya yang juga merupakan staf Jawatan Sosial Kemantren Kotagede menjelaskan tujuan digelarnya acara tersebut adalah untuk menggali potensi bakat seni dan budaya yang dimiliki oleh warga Kotagede.

“Selain menggali potensi, kegiatan ini juga menjadi wujud apresiasi dan dukungan jajaran Kemantren Kotagede kepada masyarakat. Tahun 2024 sudah memasuki tahun ke-9,” ujarnya, Kamis (13/6/2024).

Fiya mengungkapkan dalam event ini dibagi menjadi tiga cabang yakni tari, musik, serta fashion show. Untuk cabang tari dan musik dibagi menjadi dua kategori yakni kategori anak-anak dan kategori umum.

“Kategori anak-anak ini untuk peserta PAUD hingga SD, sementara kategori umum diperuntukkan bagi siswa SMP dan dewasa. Sedangkan untuk fashion show diperuntukkan khusus untuk ibu-ibu dengan tema Kotagede Berkebaya,”jelasnya.

Selain pertunjukan seni dan budaya, puluhan stand UMKM juga akan turut memeriahkan gelaran tersebut. Ada berbagai produk UMKM yang tersedia mulai dari kerajinaan, kuliner, hingga produk herbal.

“Tahun ini juga ada penambahan konsep, tidak hanya gebyar UMKM tetapi juga akan menampilkan potensi dari gabungan kelompok tani (gapoktan) di wilayah Kotagede,”ungkapnya.

Untuk meramaikan produk UMKM, pihaknya juga akan membagikan voucher pembelian.

“Pembagian voucher ini sebagai bentuk dukungan kami terhadap para pelaku UMKM,” katanya.

Fiya menuturkan event KMB 2024 ini tidak hanya diperuntukkan untuk warga Kotagede saja, tetapi warga di luar Kemantren Kotagede juga dapat mengikuti event tersebut namun dengan beberapa kententuan seperti peserta wajib tergabung disalah satu sekolah, sanggar, atau grup yang beralamatkan di Kemantren Kotagede, dan hanya diperkenankan untuk mengikuti lomba kategori grup atau kelompok.

Baca Juga :  BPJS Kesehatan Bandar Lampung Gaungkan Program PESIAR

“Bagi peserta diluar Kemantren Kotagede tidak diperkenankan untuk mengikuti kategori individu. Selain itu bagi peserta diluar Kemantren Kotagede dalam satu grup hanya diperkenankan sebesar 30% dari satu peserta,” imbuhnya.

Bagi pemenang lomba akan mendapatkan trophy dan total hadiah mencapai Rp.15.000.000.

“Untuk juara pertama akan mendapatkan hadiah sebesar Rp.1.500.000 sedangkan juara kedua dan ketiga mendapatkan hadiah sebesar Rp.1.000.000 dan Rp.500.000. Semua cabang nominalnya sama. Selain itu semua peserta juga akan mendapat e-sertifikat,” bebernya.

Bagi masyarakat yang berminat untuk mengikuti KMB 2024 pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 12 Juni 2024 dan akan ditutup pada tanggal sampai 30 Juni 2024 atau pada saat kuota sudah terpenuhi. Pendaftaran dilakukan secara online melalui link https://bit.ly/formulir_kmb9. (WIR)

google-site-verification=s66foeG-xwSitfUG5ZrTZ1Edakqko21rY3d69uxaUnQ