Bandar Lampungunila

Unila Adakan Lokakarya dan Bimtek Penyusunan POS AP Laboratorium Pembelajaran

176
×

Unila Adakan Lokakarya dan Bimtek Penyusunan POS AP Laboratorium Pembelajaran

Sebarkan artikel ini

Bandarlampung – Universitas Lampung ( Unila ) mengadakan Lokakarya dan Bimtek Penyusunan Prosedur Operasional Standar Administrasi Pemerintah (POS AP) Laboratorium Pembelajaran di Lingkungan Unila Program Revitalisasi Perguruan Tinggi Negeri (PR-PTN) Tahun Anggaran 2024.
Kegiatan akan berlangsung selama dua hari, pada tanggal 25-26 Juni 2024, di Hotel Novotel, Bandar Lampung. Acara ini menghadirkan Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., MT, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan TIK, Dr. Ayi Ahadiat, SE, MBA, para dekan, tim PR-PTN, serta dosen dari berbagai fakultas.

Dr.Eng. Suripto mewakili Rektor Unila dalam berbagai tekanan pentingnya penyusunan POS AP yang baik dan benar. “Laboratorium pembelajaran adalah salah satu elemen penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan adanya POS AP yang terstruktur, diharapkan proses administrasi di laboratorium dapat berjalan lebih efektif dan efisien,” ujarnya.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada para peserta mengenai tata cara penyusunan POS AP sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Lokakarya dan bimtek ini menghadirkan dua narasumber berpengalaman di bidangnya, yaitu Dr. Yudi Chadirin, STP. M.Agr., selaku Wakil Kepala Laboratorium Riset Unggulan IPB dan Dr. Henny Purwaningsih, S.Si., M.Si., selaku Tim Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia LPPM IPB.

Kegiatan diisi dengan berbagai sesi pelatihan dan diskusi. Para peserta akan diberikan materi mengenai dasar-dasar penyusunan SOP, contoh-contoh POS AP yang sudah diterapkan, serta praktik langsung pembuatan POS AP sesuai kebutuhan masing-masing laboratorium.

Selain itu, acara ini mencakup pembahasan tentang dokumentasi sistem mutu laboratorium yang disampaikan Dr. Henny Purwaningsih. Materi yang disampaikan meliputi dokumentasi sistem mutu, pengendalian dokumen dan sistem manajemen.

Materi kedua tentang Penyusunan Standar Operasi Prosedur Laboratorium disampaikan dalam FGD Pelatihan Penyusunan SOP Laboratorium Berstandar ISO oleh Dr. Yudi Chadirin selaku Wakil Kepala Laboratorium Riset Unggulan IPB. Dr. Yudi akan membahas mengenai penyusunan SOP yang sesuai dengan standar internasional ISO.

Baca Juga :  Rektor Pantau Pelaksanaan UTBK Mandiri 2024

Dengan lokakarya dan bimtek ini, diharapkan para peserta dapat menyusun dan mengimplementasikan POS AP yang berkualitas di laboratorium masing-masing, sehingga dapat mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Unila.(*)

google-site-verification=s66foeG-xwSitfUG5ZrTZ1Edakqko21rY3d69uxaUnQ