BeritaBerita UtamaYogyakarta

Di Mergangsan, Heroe Poerwadi Teratas Survey Kelompok Strategi Masyarakat

94
×

Di Mergangsan, Heroe Poerwadi Teratas Survey Kelompok Strategi Masyarakat

Sebarkan artikel ini

YOGYAKARTA – Kelompok Strategi Masyarakat merilis hasil survey terhadap Balon Kepala Daerah di Kemantren Mergangsan, Yogyakarta. Sebelumya, beberapa waktu lalu survey telah dilakukan di dua kemantren, Mantrijeron dan Kotagede.

Dari 100 orang sebagai responden, berikut hasil survey yang dirangkum : untuk Balon Walikota Heroe Poerwadi (33.33 %), Muhammad Afnan Hadikusumo (14.81 %), Fokki Ardiyanto (14.81 %), Budi Waljiman (11.11 %), Widi Praptomo (3.70 %).

Sedangkan responden yang tidak mengetahui para calon atau pelaksanaan Pilkada dan ragu-ragu sebanyak (25.92 %).

“Survey ini adalah kegiatan pengumpulan pendapat atau persepsi masyarakat, terhadap berbagai hal menyangkut seorang tokoh atau kandidat kepala daerah dengan cara mewawancarai sejumlah masyarakat. Kita lakukan langsung di 14 kecamatan, dengan mengambil sampel sebanyak 100 masyarakat dari berbagai usia,” kata Koordinator, Rifkhi, Jumat (28/6/2024).

Survei ini bertujuan untuk membuat peta politik. Seberapa besar kemungkinan (Kans) seorang kandidat, berhasil meraih kemenangan dibanding dengan kandidat lain.

“Ini hanya parameter saja atau referensi bagi calonnya, agar semakin menguatkan para kandidat lebih kepada pengembangan elektabilitasnya,” sambungnya.

Hasil survey ini nantinya, dapat dijadikan alat bukti ilmiah yang menyakinkan/sangat kuat bagi kandidat agar parpol dan organisasi politik lainnya mendukungnya.

“Kita langsung terjun ke masyarakat untuk wawancara dan mengumpulkan pollingnya. Sehingga real, dan bukan berdasarkan rekaan. Kita kumpulkan dalam bentuk video dari semua masyarakat yang berikan tanggapan serta pilihannya dalam survey ini,” jelas Rifkhi.

Dengan melihat hasil survey kata Rifkhi, kandidat dapat menentukan skala prioritas kampanye sehingga dana yang ada, tidak dihabiskan untuk hal-hal yang tidak produktif.

“Tentu masing-masing calon itu ada dana kampanyenya, sehingga di daerah yang belum kuat, bisa dikuatkan lagi dengan metode sosialisasi dan kampanyenya,” ucapnya.

Baca Juga :  Diduga Terjatuh di Sungai Way Semaka, Seorang Nenek Dalam Pencarian Tim SAR Gabungan

“Hasil survei ini juga dapat digunakan untuk menentukan berbagai bentuk kampanye mana yang paling efektif menarik pemilih,” tutupnya.

Terdapat 14 bakal calon KDH yang akan dilakukan survey, yakni : Heroe Poerwadi, Muhammad Afnan Hadikusumo, Singgih Raharjo, Wawan Harmawan, Muhammad Yazid Afandi, Hanum Salsabila Rais, Haryawan Emir Nuswantoro, Widi Praptomo, Fokki Aridyanto, Arya Ariyanto, Ricco Survival Yubaidi, Sinarbiyat, Budi Waljiman, R. Krisma Eka Putra. (Wir/TIM)

google-site-verification=s66foeG-xwSitfUG5ZrTZ1Edakqko21rY3d69uxaUnQ