PSPII Unila Gelar Seminar Nasional Insinyur Profesional 2022

BANDARLAMPUNG – Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Universitas Lampung (Unila) bekerja sama dengan Persatuan Insinyur Indonesia Wilayah Lampung menggelar Seminar Nasional Insinyur Profesional (SNIP) Tahun 2022, Rabu, 30 Maret 2022.

Seminar nasional yang dilaksanakan secara hibrid (luring dan daring) ini mengusung tema “Peran Insinyur Pascapandemi dalam Mengakselerasi Pembangunan Berkelanjutan”.

Saat membuka kegiatan Rektor Unila Prof. Dr. Karomani, M.Si., menyampaikan, kegiatan ini adalah upaya untuk merespons keberadaan ilmu keinsinyuran yang semakin berkembang.

Penyelenggaraan kegiatan yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun menjadi wujud kepedulian terhadap pengembangan ilmu keinsinyuran berkelanjutan.

Dekan Fakultas Teknik (FT) Dr. Eng. Ir. Helmy Fitriawan, S.T., M.Sc., menyatakan, Fakultas Teknik Universitas Lampung yang telah berdiri sejak tahun 1968 di Provinsi Lampung memiliki andil besar dalam mempersiapkan tenaga ahli insinyur melalui berbagai macam program studi.

Di antara program studi tersebut yakni Teknik Elektro (S1 & S2), Teknik Sipil (D3, S1, & S2), Teknik Mesin (D3, S1, & S2), Teknik Kimia (S1), Teknik Informatika (S1), Teknik Lingkungan (S1), Teknik Geofisika (S1), Teknik Arsitektur (S1), Teknik Geodesi (S1), Teknik Survey dan Pemetaan (D3), serta Prodi Profesi Insinyur.

Andil tersebut diwujudkan dalam beberapa proyek strategis nasional di Provinsi Lampung seperti Kereta Api Logistik untuk Lahat-Muara Enim-Prabumulih-Lampung (Tarahan), Bendungan Waysekampung & Margatiga, Kawasan Industri Tanggamus, SPAM Bandarlampung, Jalan Tol, dan Kawasan Terintegrasi Pariwisata Bakauheni.

“Hal tersebut menjadikan kebutuhan insinyur profesional di Provinsi Lampung memiliki derajat kepentingan yang tinggi,” ujarnya.

Ketua PSPPI Unila Dr. Eng. Ir. Dikpride Despa, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng., menjabarkan, SNIP 2022 adalah bagian dari visi PS PPI FT Unila yaitu menjadi program studi program profesi insinyur yang menjunjung kode etik keinsinyuran, profesional, berintegritas, memiliki Kepekaan terhadap kebutuhan masyarakat dan lingkungan, serta berdaya saing di tingkat nasional dalam mendukung visi Unila menjadi 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Ia juga menyampaikan, kegiatan ini diikuti 80 peserta pemakalah yang berasal dari berbagai daerah yaitu Lampung, Sumatra Selatan, Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah, termasuk pemerintahan, perusahaan, swasta, dan institusi pendidikan, seperti Universitas Indonesia, Universitas Muhammadiyah, Universitas Trisakti, dan Universitas Lampung.

Narasumber yang hadir pada SNIP 2022 merupakan para insinyur yang telah memiliki banyak pengalaman dan terlibat dalam berbagai kegiatan keinsinyuran profesional meliputi Wakil Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, IPU., Ketua Komite Eksekutif LAM Teknik PII Prof. Dr. Ing. Ir. Misri Gozan, M. Tech. IPU., ASEAN. Eng., dan Kepala Bappeda Provinsi Lampung Ir. Mulyadi Irsan, M.T.

Pada pelaksanaan kegiatan, pemaparan dari para pembicara inti dimoderasi Dr. Eng. Ir. Aleksander Purba, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng., dan sesi paralel untuk pemaparan dari para insinyur secara hibrid secara tatap muka di Hotel Golden Tulip dan online video conference. Pelaksanaan acara mengikuti protokol kesehatan Covid-19 yang ditetapkan pemerintah. (*)

Editor: Rudi