BeritaBerita UtamaPesawaran

IKAPTK Lampung Resmikan Rumah Seusai Dibedah Sekaligus Berikan Kursi Roda ke Penyandang Disabilitas

202
×

IKAPTK Lampung Resmikan Rumah Seusai Dibedah Sekaligus Berikan Kursi Roda ke Penyandang Disabilitas

Sebarkan artikel ini

PESAWARAN — Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Provinsi Lampung, meresmikan rumah pak Sunardi, warga Dusun Bangun Rejo, Desa Taman Sari, Kecamatan Gedung Tataan, Kabupaten Pesawaran, Senin (21/8/2023).

Sunardi mendapat bantuan program bedah rumah dari IKAPTK Lampung sebesar Rp20 juta, beberapa waktu lalu, yang pada saat itu peletakan batu pertamanya, yang sekaligus juga dilaksanakan pembagian sembako untuk warga sekitar, dilakukan langsung oleh para senior, Ketua, serta perwakilan anggota DPP IKAPTK Lampung.

Untuk pengguntingan pita peresmian rumah yang selesai diperbaiki dilakukan oleh Senior IKAPTK Lampung Syafiudin Muaz dan Firman Mintako, dan turut hadir Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Ketua DPP IKAPTK Lampung Sulpakar, Ketua DPK IKAPTK Pesawaran Toto Sumedi, dan sejumlah anggota IKAPTK lainnya.

Ketua IKAPTK Lampung Sulpakar dalam kesempatan itu mengatakan, IKAPTK Lampung merupakan perkumpulan dari Alumni APDN, STPDN, IIP, dan IPDN, yang menyisihkan rezekinya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Dalam program bedah rumah, IKAPTK Lampung membangkitkan semangat gotong royong, karena di dalam pengerjannya tidak memberikan upah, sehingga diharapkan keluarga dan warga sekitar saling bantu-membantu, bahu-membahu untuk memperbaiki atau mendirikan rumah yang mendapatkan bantuan.

Jajaran pengurus DPP IKAPTK Lampung melaksanakan beberapa program, salah satu diantaranya adalah bedah rumah. Sampai saat ini sudah 3 tahun berturut-turut dilakukan di berbagai Kabupaten di Provinsi Lampung.

“Hari ini kami di Pesawaran untuk meresmikan bedah rumah yang ada di desa Taman Sari Kabupaten Pesawaran, dan sudah selesai dilaksanakan, dengan memberikan material kepada pemilik rumah juga memberdayakan gotong royong masyarakat, dalam rangka proses pengerjaan dan penyelesaian rumah yang kami bantu ini. Alhamdulillah ini sumber dananya berasal dari sumbangan anggota IKAPTK, dan kami akan lanjutkan ke kabupaten lain, nanti berdasarkan keputusan musyawarah DPP IKAPTK, atas usul pengurus kabupaten, kami akan melaksanakan bedah rumah di kabupaten lain di Provinsi Lampung,” ujar Ketua IKAPTK Lampung yang kini menjabat sebagai Pj. Bupati Mesuji.

Baca Juga :  Menindaklanjuti Laporan Masyarakat Anggota Komisi IV Lampung Tengah Sidak ke RSU MMH Bandar Jaya

Ia menambahkan, selain peresmian bedah rumah, DPP IKAPTK Lampung di hari yang sama juga mengadakan kegiatan bakti sosial berupa penyerahan bantuan kursi roda, sarana olahraga bola voli, pemberian sembako kepada penyandang disabilitas di Panti Sosial.

“Hari ini juga kami mengadakan bakti sosial bantuan kursi roda, sarana olahraga bola voli, untuk Warga Taman Sari Pesawaran, dan nanti sore kita juga akan memberikan bantuan kepada disabilitas di Panti sosial. Nah ini semua, kegiatan ini, bersumber dari bantuan para anggota DPP IKAPTK Lampung,” tutupnya.

Sementara itu, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, yang hadir dalam peresmian bedah rumah menyampaikan ucapan terima kasih kepada IKAPTK Lampung, atas bantuan yang diberikan kepada warganya.

Ia berharap program-program sosial yang dilaksanakan oleh para alumni IPDN tersebut bisa terus berlanjut, karena sangat bermanfaat dan membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Saya atas nama Bupati Pesawaran mengucapkan terima kasih bahwa Pesawaran masuk dalam kategori yang didahulukan dalam bantuan program IKAPTK Lampung. Semoga Programnya terus berlanjut untuk membantu masyarakat, sesuai dengan semboyannya Bhineka Nara Eka Bhakti “Walaupun berbeda – beda tetapi tetap satu pengabdian,” berbakti untuk masyarakat,” tutup Bupati.

Perlu diketahui, usai peresmian bedah rumah, IKAPTK Lampung melanjutkan kegiatan bakti sosial pemberian sembako, untuk penyandang disabilitas di Panti PRSPD yang berlokasi di Jalan Pramuka Bandar Lampung. (*)