Nasional

Bakar Perpustakaan SMA Negeri 1 Ilaga Anggota KKB Ditangkap

90
×

Bakar Perpustakaan SMA Negeri 1 Ilaga Anggota KKB Ditangkap

Sebarkan artikel ini

Puncak – Seorang anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) berinisial AK alias Artis (20) ditangkap polisi di Kabupaten Puncak, Papua Tengah, lantaran diduga merupakan pelaku pembakar perpustakaan SMA Negeri 1 Ilaga.

“Kami telah berhasil mengamankan 1 orang anggota KKB di Ilaga atas nama AK alias Artis jenis kelamin laki-laki beralamat Kampung Manggume, Distrik Pomukia, Kabupaten Puncak,” kata Kasatgas Humas Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno dalam keterangannya, Sabtu (23/9/2023) dilansir dari detik.com.

Bayu mengungkapkan AK ditangkap pada Kamis (21/9). Dari tangannya polisi mendapatkan barang bukti antara lain tas kecil, handphone, botol minuman, dan pisau karter.

“Barang bukti yang berhasil kami amankan berupa 1 buah tas kecil, 3 buah kalung manik-manik, 1 buah botol minuman, 1 buah handphone merk Oppo, 1 buah pisau carter, 1 buah kalung besi dan 1 buah kalung mainan warna kuning,” ungkapnya.

Bayu menjelaskan, AK ditangkap karena berperan dalam aksi pembakaran rumah warga dan basecamp PT Unggul pada Selasa (23/5) lalu. Kemudian pembakaran perpustakaan SMA Negeri 1 Ilaga pada Kamis (17/8).

“Berdasarkan hasil pemeriksaaan, bahwa peran dari saudara AK yaitu pembakaran rumah warga dan bascamp PT. Unggul (23/5/2023) yang lalu, peran yang kedua terlibat pembakaran SMA Negeri 1 Ilaga pada tanggal 17 Agustus 2023 lalu,” imbuhnya.

Sementara itu, Kasatgas Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani mengatakan, saat ini AK telah diamankan di Polres Puncak untuk menjalani proses lebih lanjut. Dia menegaskan polisi tetap berkomitmen menegakan hukum terhadap KKB.

“Kami akan terus lakukan penegakan hukum terhadap KKB dan simpatisannya demi terwujudnya situasi kamtibmas yang kondusif di Papua,”pungkasFaizal. (dtk/ard)

Baca Juga :  XL Axiata Buka Pre-order Samsung Galaxy Tab S8 Series 5G dan Galaxy S22 Series 5G