BeritaBerita UtamaMesuji

Gubernur Lampung Tinjau Pembangunan dan Rehabilitasi Sejumlah Ruas Jalan dan Jembatan di Kabupaten Mesuji

94
×

Gubernur Lampung Tinjau Pembangunan dan Rehabilitasi Sejumlah Ruas Jalan dan Jembatan di Kabupaten Mesuji

Sebarkan artikel ini

MESUJI – Gubernur Arinal Djunaidi meninjau pembangunan dan rehabilitasi sejumlah ruas jalan dan jembatan dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Mesuji, Jumat (2/2/2024).

Adapun ruas jalan yang dimaksud adalah rehabilitasi ruas jalan Simpang Pematang – Brabasan – Wiralaga serta pembangunan jembatan Way Sidomulyo dan jembatan Way Kanal Wiralaga.

Sebagai upaya mendukung pencapaian Visi dan Misi Kepala Daerah (Gubernur) periode 2019-2024 yaitu “Rakyat Lampung Berjaya” khususnya misi ke-4 yaitu mengembangkan Infrastruktur guna Meningkatkan Efisiensi Produk dan Konektivitas Wilayah”, Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Lampung pada Tahun 2023, telah melaksanakan program dan kegiatan unggulan yang berkontribusi langsung dalam pencapaian sasaran tersebut.

Pada Tahun 2023 yang lalu, Pemerintah Provinsi Lampung telah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan infrastruktur jalan di Provinsi Lampung.

Khusus untuk Kabupaten Mesuji, anggaran pemeliharaan rutin jalan Simpang Pematang – Brabasan sepanjang 11 Km dengan anggaran sebesar Rp10 milyar. Untuk pemeliharaan rutin ruas Brabasan – Wiralaga sepanjang 29 km dengan anggaran sebesar Rp.5 milyar. Sedangkan untuk pemeliharaan 2 (dua) jembatan yaitu Way Sidomulyo dan Kanal Wiralaga sebesar Rp12 milyar. Pemeliharaan rutin ini dilaksanakan untuk menjaga kondisi kemantapan jalan.

Gubernur Arinal menjelaskan, pembangunan ruas jalan dan jembatan di Mesuji ini dijadikan prioritas karena memiliki potensi yang tinggi dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan produktivitas pertanian/perkebunan, selain itu juga guna membangun konektivitas antar wilayah.

“Ini jalan yang potensial. Jalan ini berfungsi untuk (mendongkrak) pertumbuhan ekonomi, banyak perkebunan kelapa sawit, tanaman pangan dan sawah,” kata Gubernur Arinal.

Di kesempatan yang sama, Gubernur Arinal Djunaidi dan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Lampung Susan Novelia melakukan peninjauan pembangunan jalan yang dilakukan melalui Inpres Jalan Daerah (IJD) di Kabupaten Mesuji.

Baca Juga :  Gubernur Lampung Salurkan Bantuan Tunai PKH

Gubernur mengatakan, atas koordinasi dan kerjasama yang baik antar Pemprov Lampung dan BPJN, ruas simpang segitiga emas – Muara Tenang dapat diselesaikan. Gubernur berharap, dengan diselesaikannya pembangunan jalan ini dapat membantu mengangkat pertumbuhan ekonomi daerah sehingga kesejahteraan masyarakat dapat tercapai. (*)