BandarlampungBeritaBerita UtamaPendidikan

Unila Mewisuda 1.022 Mahasiswa Periode IV Tahun Akademik 2023/2024

578
×

Unila Mewisuda 1.022 Mahasiswa Periode IV Tahun Akademik 2023/2024

Sebarkan artikel ini

BANDARLAMPUNG – Universitas Lampung (Unila) mewisuda 1.022 orang Periode IV Tahun Akademik 2023/2024. Terdiri atas 11 orang lulusan program doktor, 113 orang lulusan program magister, 117 orang lulusan program profesi, 760 orang lulusan program sarjana dan 21 orang lulusan program diploma. Acara berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG), Sabtu (9/3/2024).

Rektor Unila Prof. Lusmeilia Afriani mengatakan, sampai hari ini Unila telah menyumbangkan lulusan kepada bangsa dan Negara Republik Indonesia sebanyak 132.507 orang, dari 8 fakultas dan 1 pascasarjana. Jumlah mahasiswa Unila per Februari 2024 sebanyak 38.486 mahasiswa aktif. Sedangkan pada semester ganjil 2023 mahasiswa yang mendapat beasiswa sebanyak 4.756 orang.

” selamat kepada para wisudawan Program Doktor, Magister, Sarjana, dan Diploma atas keberhasilannya menyelesaikan studi di Unila. Terima kasih dan penghargaan yang tinggi kami sampaikan kepada seluruh tenaga pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan atas kerja keras dan kerja sama bapak/ibu sekalian dalam melaksanakan tugas mendidik mahasiswa, sehingga mereka berhasil menyelesaikan studi dan diwisuda pada pagi yang berbahagia ini, juga kepada stakeholder yang telah membantu dan mempercepat pelayanan pendidikan Universitas Lampung, termasuk juga para dermawan yang telah memberikan beasiswa kepada adik-adik mahasiswa Unila,” Kata Prof Lusmeilia saat menyampaikan pidatonya.

Ia juga menyebut, penyelenggaraan Wisuda pada hari ini merupakan sebuah upacara yang menandai perubahan status saudara. Sebelum ini saudara adalah mahasiswa, dan mulai hari ini saudara menjadi Doktor, Magister, Sarjana dan Ahli Madya.

Seiring dengan perubahan status ini, berubah pula tanggung jawab saudara. Ketika menjadi mahasiswa, saudara memikul tanggung jawab akademik.

“Mulai hari ini, tanggung jawab sosial melekat di pundak saudara. (Saudara memiliki tanggung jawab sosial yang lebih besar. Ilmu Pengetahuan yang saudara kuasai, yang didapat selama menjadi mahasiswa, baik soft skil maupun hard skil jika tidak digunakan kedalam tindakan sosial, maka nilai dari ilmu pengetahuan tersebut menjadi luntur, ” Ujar Prof. Lusi sapaan akrabnya.

Baca Juga :  Telkom dan Indosat Ooredoo Hutchison Berdayakan Indonesia Melalui Kemitraan Strategis Antara NeutraDC dan BDx Indonesia

Ia menambahkan, Ilmu Pengetahuan adalah kekuatan intelektual manusia, kekuatan luhur yang diraih oleh manusia. Kekuatan ini akan menjadi bernilai tinggi, bila digunakan untuk kepentingan kemanusiaan dan kemaslahatan umat manusia.

Sebagai lulusan Unila, Saudara patut berbangga karena saat ini Universitas Lampung telah meraih berbagai prestasi di bidang akademik. Selain itu, Universitas Lampung terus mengupayakan penerapan secara konsisten program MBKM dengan mendorong para mahasiswa dan dosen untuk meningkatkan kompetensinya sesuai kebutuhan dan minat setiap mahasiswa.

” Keberhasilan mahasiswa dan lulusan inilah yang kita harapkan menjadi tujuan akhir dari 8 IKU PTN, bentuk transformasi perguruan tinggi kearah yang lebih baik, ”
Ungkapnya.

Unila juga terus menginisiasi dan membangun kerja sama dengan berbagai pihak diantaranya pemerintah provinsi, Kabupaten/Kota, dunia usaha, organisasi profesi. Kerja sama tersebut sebagai wujud tanggung jawab keilmuan dan professional Tri Dharma Perguruan Tinggi serta kontribusinya dalam pembangunan daerah, nasional dan internasional.

Upaya-upaya peningkatan kualitas pengembangan universitas dan lulusan menunjukkan hasil yang baik, sehingga masyarakat percaya untuk menjalani pendidikan di Universitas Lampung, hal ini ditunjukkan dengan jumlah mahasiswa baru tahun 2023 sebanyak 7.821 orang .

Semoga upaya tersebut akan terus meningkatkan kualitas lulusan Universitas Lampung. Para wisudawan adalah keluarga besar Universitas Lampung yang sebentar lagi akan berubah status menjadi alumni.

Oleh karena itu kami meminta untuk mengisi data tracer study, sehingga kami dapat merasakan kebahagiaan Saudara-Saudara dengan tetap mengikuti rekam jejak karir dan penerapan keilmuan dibidang profesi Saudara-Saudara.

Disamping itu, Saudara dapat memberi saran dan kritik yang konstruktif agar proses pembelajaran dan kurikulum Unila terus relevan dengan perkembangan zaman.

” Jagalah nama almamater saudara, terus berkarya menciptakan lapangan pekerjaan baru, terus belajar untuk Indonesia maju dan Unila Jaya, ” Pungkasnya. (*)

Baca Juga :  RAT KPRI Andan Jejama, Sekda Pesawaran Tekankan Peningkatan Melalui Inovasi