BandarlampungBeritaBerita UtamaPolitikTulang Bawang Barat

Caleg Eli Fitriyana Tepis Dugaan Ijazah Palsu

567
×

Caleg Eli Fitriyana Tepis Dugaan Ijazah Palsu

Sebarkan artikel ini
Caleg Elly Fitriani bersma Tim Kuasa Hukum Marwan Syah saat menggelar konferensi pers di Rumah Makan Kayu, Bandarlampung, Jumat (15/3/2024). Foto: Rudi

LAMPUNG – Calon Anggota Legislatif (Caleg) dapil 1 Tulang Bawang Barat (Tubaba), Eli Fitriyana melalui Kuasa hukumnya Mirwansyah SH menyangkal dugaan ijazah palsu yang sempat heboh di beritakan berbagai media online.

Mirwansyah menyebut, bahwa kliennya sewaktu mendaftarkan diri sebagai kontestan caleg dinyatakan lolos verifikasi berkas administrasi di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tubaba.

” Guna meluruskan berita tersebut, kita bawa langsung ibu Kepala Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (TKBM) Banjar Baru, Siti Nurul Khotimah. Bahwa beliau inilah yang menerima ibu Eli menjadi siswinya,” ujar Mirwansyah saat menggelar konferensi pers di Rumah Makan Kayu, Bandarlampung, Jumat (15/3/2024).

Mirwansyah juga menegaskan bahwa, kliennya telah mengikuti prosedur dan mendapatkan
Ijazah Paket C yang diterbitkan oleh Penyelenggara Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Banjar Baru, Tulang Bawang pada tanggal 05 Mei 2022 lalu.

” Bu Eli mendaftar secara resmi dan mengikuti bersekolah sesuai dengan prosedur di PKBM Banjar Baru dari 2019 sampai 2022 dinyatakan lulus. Disni ada bukti absensi persemester bahkan raportnya juga ada, ” Tegas Mirwansyah.

Berdasarkan pengecekan sistem verifikasi ijazah secara elektronik di Nomer Induk Siswa Nasional (NISN) Mirwan berujar sedang terjadi kesalahan di sistem tersebut sehingga nama klien nya tidak ada.

” Disini ada kesalahan sistem dari manual ke online sehingga nama dari kliennya tidak muncul di NISN. Bukan hanya kejadian di bu Eli, tapi ini seluruh Indonesia. Ya namanya perubahan zaman dari manual menuju ke zaman online kan gak mudah,” kata Mirwansyah.

Mirwansyah menambahkan pada tahun 2023 juga banyak yang terjadi kesalahan sistem. Ada beberapa murid PKBM yang terdaftar 20 orang sedangkan yang terbaca hanya 15 orang.

Baca Juga :  PAN Pringsewu Daftarkan Calon Legislatif ke KPU

Sementara itu, Kepala PKBM Banjar Baru, Siti Nurul Khotimah juga membenarkan sistem yang belum terbaca NISN. kesalahan sistem bukan hanya terjadi di PKBM Banjar Baru saja, tetapi di Seluruh Indonesia.

Tidak bisa diaksesnya sistem online di Kementerian Pendidikan, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa memang belum bisa dengan alasan masih ikut mengantri nomornya, namun data resmi sudah ada, hanya sistem saja yang belum bisa.

” dari 30 siswa yang lulus itu hanya 20 yang bisa print out. Sedangkan yang 10 itu biasanya kita harus mengajukan lagi secara manual. Dan bu Eli ini termasuk salah satunya. Kita tinggal tunggu aja data bu Eli bisa dilihat online, ” pungkasnya.

Untuk diketahui Eli Fitriyana merupakan Caleg suara terbanyak di dapil 1 Tubaba dari Partai Demokrat yang dipastikan lolos sebagai anggota DPRD Tubaba. (Rud)