BeritaBerita UtamaEkonomi

BI Layani Penukaran Uang di Kapal Penyebrangan Bakauheni – Merak

61
×

BI Layani Penukaran Uang di Kapal Penyebrangan Bakauheni – Merak

Sebarkan artikel ini

BANDARLAMPUNG – Bank Indonesia Provinsi Lampung perluas layanan kas keliling hingga ke Kapal Penyeberangan Bakauheni – Merak pada periode Ramadhan dan Idulfitri 2024. Layanan kas keliling di kapal penyeberangan eksekutif Portlink yang hanya diselenggarakan pada Rabu (27/03) pukul 12.00 – 15.50 WIB ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2024.

“Mobilisasi masyarakat dari Sumatera ke Pulau Jawa dan sebaliknya didominasi moda transportasi kapal ferry, terutama pada periode Ramadan dan Idulfitri. Oleh karena itu, hari ini kita sediakan layanan kas keliling Bank Indonesia untuk masyarakat yang tengah menikmati jasa penyeberangan Bakauheni – Merak dan Merak – Bakauheni. Apresiasi kami sampaikan kepada PT. ASDP Indonesia Ferry atas dukungannya” Disampaikan Junanto Herdiawan, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, dalam sambutannya.

Selain layanan kas keliling, Bank Indonesia Provinsi Lampung juga melakukan sosialisasi
Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah dan transaksi nontunai QRIS kepada penumpang kapal penyeberangan Portlink. Kegiatan sosialisasi tersebut diharapkan dapat menambah pemahaman masyarakat terkait Rupiah yang harus dikenali, dirawat, dan dijaga serta semakin memperluas pemahaman masyarakat mengenai QRIS.

“Kita harus lakukan upaya maksimal dalam mengantisipasi penyebaran uang palsu. Oleh karena itu, kami berharap masyarakat bisa lebih mengenali, memahami, dan merawat uang Rupiah agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan. Selain itu, transaksi nontunai
dengan QRIS tentu akan mempermudah silaturahmi dan aktivitas belanja kita, infrastruktur kita sudah sangat mendukung” ujar Junanto Herdiawan.

Pada SERAMBI 2024, Bank Indonesia bekerjasama dengan perbankan menyediakan Rp4,3 triliun uang Rupiah layak edar untuk masyarakat Provinsi Lampung selama periode Ramadan dan Idulfitri 2024.

Masyarakat Lampung dapat menukarkan uangnya ke loket penukaran uang di perbankan
yang ada Provinsi Lampung. Selain itu, Bank Indonesia Provinsi Lampung juga menyediakan layanan penukaran kas keliling di 8 (delapan) titik pusat keramaian seperti pasar tradisional dan rest area, termasuk kapalpenyeberangan seperti padakegiatan ini. Dalam hal ingin menukarkanuang Rupiahnya pada layanan kas keliling Bank Indonesia, masyarakat dapat melakukan registrasi pada laman www.pintar.go.id setidaknya 2 (dua) hari sebelum jadwal yang telah ditetapkan.

Baca Juga :  Polda Lampung Imbau Pertokoan dan Perkantoran Memasang CCTV Selama Ditinggal Mudik

Pengguna jasa penyeberangan kapal eksekutif Portlink pada Rabu (27/03) sangat antusias
dalam menikmati layanan kas keliling Bank Indonesia dan menyimak kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan. Lebih dari 100 (seratus) penumpang yang menukarkan uangnya pada layanan kas keliling di kapal penyeberangan ini, mayoritas di antaranya telah mendaftarkan diri pada laman www.pintar.go.id. Lebih lanjut, kegiatan sosialisasi dan edukasi CBP Rupiah dan QRIS berlangsung sangat interaktif, di mana para penumpang juga memraktikan cara mengidentifikasi uang palsu serta membagikan pengalamannya dalam menggunakan QRIS pada kehidupan sehari-hari. (*)