BeritaBerita UtamaPesisir Barat

Tim Sar Gabungan Lakukan Pencarian Nelayan Hilang di Pantai Tanjung Setia

64
×

Tim Sar Gabungan Lakukan Pencarian Nelayan Hilang di Pantai Tanjung Setia

Sebarkan artikel ini

PESISIR BARAT – Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian terhadap seorang nelayan asal Tanjung Setia yang hilang saat mencari ikan pada Senin (09/10/2023).

Kejadian berawal pada hari Senin (09/10) Pukul 05.00 WIB korban pergi melaut dengan perahu jukung dari Way Teluk. Kemudian sekitar pukul 07.00 WIB perahu korban ditemukan di pinggir pantai dekat Karang Nyimbor, Tanjung Setia, Kec. Pesisir Selatan, Kab. Pesisir Barat kondisi kapal mengalami kerusakan. Korban a.n. Hendra Cipta (35) merupakan warga Pekon Tanjung Setia Kec. Pesisir Selatan Kab. Pesisir Barat.

Pihak keluarga korban melaporkan hilangnya Hendra (35) kepada Basarnas Lampung. Menindaklanjuti laporan tersebut, Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah mengerahkan 1 tim Rescue Pos SAR Tanggamus untuk menuju lokasi dan melakukan pencarian dan pertolongan.

Sekitar Pukul 12.45 WIB Tim tiba di sekitar lokasi (5°19’29.76″S – 103°58’59.17″E) dan langsung melakukan kordinasi dengan unsur SAR Gabungan yang terdiri dari Polres Pesisir Barat, Polsek Biha, BPBD Pesisir Barat, Aparat Pekon Tanjung Setia, nelayan dan masyarakat setempat.

Tim SAR Gabungan langsung melakukan pencarian dengan membagi Tim menjadi 2 SRU (SAR Rescue Unit). SRU 1 menggunakan 1 unit Perahu Karet Pos SAR Tanggamus dan SRU 2 menggunakan 1 unit Perahu Jukung milik nelayan dengan radius 2 km dari lokasi kejadian.

Kemudian Pukul 16.00 WIB Tim SAR Gabungan melakukan pencarian menggunakan peralatan Aqua Eyes (alat deteksi bawah air) disekitar lokasi pencarian, dengan hasil deteksi tidak didapatkan tanda clusser yang muncul.

Upaya penyelaman juga dilakukan oleh tim SAR Gabungan di sekitar lokasi jatuhnya korban. Hingga pukul 17.10 WIB penyelaman dihentikan dan tanda tanda korban belum juga terlihat. Pencarian dihentikan sementara dengan hasil nihil dan dilanjutkan pemantauan secara visual di sepanjang bibir pantai pada malam hari.

Baca Juga :  XL Axiata Peduli Banjir dan Erupsi Gunung Marapi Salurkan Donasi untuk Warga

Robi Rusli selaku Koordinator Pos SAR Tanggamus melaporkan hasil pencarian hari pertama langsung kepada Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah selaku SMC (SAR Mission Coordinator). “Pencarian hari ini menggunakan perahu karet, Aqua Eye dan dilakukan penyelaman. Namun hingga sore hari pencarian masih nihil dan akan dilanjutkan pada Selasa pagi.” Kata Robi. (***)