BeritaBerita UtamaLampung Selatan

Kapal Motor Sri Muncul Tenggelam, 6 Orang ABK Berhasil Selamat

163
×

Kapal Motor Sri Muncul Tenggelam, 6 Orang ABK Berhasil Selamat

Sebarkan artikel ini

LAMPUNG SELATAN – Kapal Motor (KM) Sri Muncul dilaporkan tenggelam, 6 Orang ABK berhasil selamat pada Kamis (04/01/24).

Kejadian berawal ketika KM Sri Muncul berangkat hari Rabu (03/01) pukul 04.00 WIB dari Dermaga Boom Lampung Selatan menuju Pulau Legundi untuk mencari ikan dengan POB (Person On Board) 6 orang. Sekitar pukul 22.00 WIB nahkoda kapal a.n. Carmin (60) menelpon keluarganya bahwa perahu mereka hampir tenggelam karena di hantam badai. Kemudian pihak keluarga langsung menggerakan perahu dari teluk dan dari Kalianda untuk melakukan pencarian dan bantuan. Setibanya di lokasi sekitar Pulau Legundi mereka hanya menemukan dirigen dan pelampung, kemudian salah satu warga melaporkan kejadian tersebut ke Kantor Sar Lampung pada pagi hari.

Adapun Nama2 ABK KM Sri Muncul : Carmin ( Nakhoda) Usia : 60 Tahun, Iwan (ABK) Usia : 30 Tahun, Nawi (ABK) Usia : 25 Tahun, Putra (ABK)
Usia : 25 Tahun, Ari (ABK) Usia : 25 Tahun, dan Amir (ABK) Usia : 50 Tahun

Menindaklanjuti laporan tersebut, Kepala Kantor Sar Lampung Deden Ridwansah, S.Sos langsung mengerakan 1 tim Rescue Pos SAR Bakauheni dengan menggunakan RIB (Rigid Inflatable Boat) menuju lokasi untuk melakukan pencarian dan pertolongan.

Kemudian sekitar Pukul 10.50 WIB Tim SAR Gabungan berhasil menemukan 4 orang korban dalam keadaan selamat di sekitar perairan pulau tiga dan 2 orang lainnya di sekitar dermaga pulau Sebuku dalam kondisi selamat. Kemudian 6 korban tesebut langsung dievakuasi menuju Dermaga Boom dengan menggunakan Kapal Dinas Sosial.

Koordinator Pos SAR Bakauheni Febri Yanda melaporkan langsung kepada Kepala Kantor Sar Lampung Deden Ridwansah, S.Sos. selaku SMC (SAR Mission Coordinator). “Alhamdulillah keseluruhan POB dari KM Sri Muncul yang tenggelam telah berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat.”, ujar Febri.

Baca Juga :  Evakuasi Selesai, Jalur sudah bisa Dilalui semua KA

Kakansar Lampung juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada unsur SAR Gabungan yang terlibat pada operasi SAR kali ini. “Alhamdulillahirabbilalamin, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur yg terlibat pencarian ini, dengan sinergi dan koordinasi yg baik, alhamdulillah semua korban dapat ditemukan dan di evakuasi dalam keadaan selamat.”, kata Deden. (***)